Transformasi Digital di PT KAI, Pengamat: Jadi Pioner Moda Transporatasi di Indonesia

Transformasi digital, lanjut Toto, tersebut juga berhasil diterapkan oleh KAI sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat sebagai pengguna layanan kereta.

oleh Tim News diperbarui 30 Agu 2024, 15:59 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 11:58 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) siap menyukseskan penyelenggaraan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44
PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) siap menyukseskan penyelenggaraan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44 yang akan diselenggarakan di Bandung, Indonesia pada 2-5 September 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat BUMN Toto Pranoto dari Universitas Indonesia mengungkapkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dinilai mampu menjadi pionir dalam penerapan dan pemanfaatan teknologi digital dalam mewujudkan moda tranportasi kereta api sebagai transportasi massal yang lebih baik dan diminati masyarakat.

"KAI sudah berhasil menjadi pionir dalam penggunaan teknologi digital dalam menjalankan bisnis. Dimulai bahkan sejak era kepemimpinan Ignasius Jonan, dimana sistem terkait fungsi  pengadaan misalnya disatukan dalam aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) sehingga efisiensi operasi bisa dijalankan," ujar Toto kepada ANTARA di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2024. 

Transformasi digital di PT KAI telah dimulai dari kepemimpinan Ignasius Jonan sejak 2009 sampai kepemimpinan Didiek Hartantyo hingga saat ini. Transformasi digital, lanjut Toto, tersebut juga berhasil diterapkan oleh KAI sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat sebagai pengguna layanan kereta.

"Sejalan dengan pendekatan yang makin masif ke customer need, maka teknologi digital semakin masif di gunakan misal dengan berbagai aplikasi yang dikembangkan untuk kemudahan dan kenyaman konsumen," katanya.

Dalam memahami pergerakan passanger demand, maka di business development unit KAI sudah memanfaatkan data analytic survey untuk program yang bisa ditawarkan kepada para pengguna moda transportasi kereta.

"Demikian pula di sektor angkutan logistik saya kira penggunaan teknologi dan aplikasi digital sudah relatif digunakan. Kunci utama keberhasilan transformasi digital di KAI adalah penyiapan dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang memadai sehinga digital culture bisa diimplementasikan. Jadi pembentukan digital mindset sangat penting dan jadi kunci keberhasilan KAI," kata Toto.

Hal senada juga disampaikan oleh pengamat transportasi Djoko Setijowarno dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) yang menyampaikan aplikasi-aplikasi digital yang dikembangkan oleh PT KAI sangat membantu dan memudahkan masyarakat.

"Yang jelas masyarakat dimudahkan dalam mendapatkan tiket dan menggunakan moda transportasi kereta," kata Djoko saat dihubungi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Transformasi Digital Mudahkan Masyarakat

Fasilitas KA Argo Lawu
Fasilitas KA Argo Lawu. (Liputan6.com/PT KAI Daops VI Yogyakarta)

Selain kemudahan tersebut, transformasi digital juga membuat fasilitas layanan dasar di stasiun-stasiun terpenuhi sampai dengan menjaga kenyamanan dan keamanan penumpang dalam menemukan barang-barang yang hilang maupun ketika menggunakan transportasi kereta.

Transformasi digital KAI melalui aplikasi juga memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi mulai dari jenis kereta, jadwal perjalanan kereta, sampai dengan ketersediaan tiket.

"Masyarakat jadi bisa mengetahui jenis kereta, mau ke mana, kapan, jadwalnya lengkap semua. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu mengantre lagi," kata Djoko.   

Transformasi digital tersebut diterapkan oleh KAI dari stasiun besar sampai dengan stasiun kecil.   

Sebagai informasi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) siap menyukseskan penyelenggaraan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44 yang akan diselenggarakan di Bandung, Indonesia pada 2-5 September 2024. 

Mengusung tema "Driving Sustainability with Digital Innovation", ARCEO’s Conference tahun ini akan berfokus pada pembahasan perkembangan perkeretaapian berkelanjutan dan ramah lingkungan, didukung transformasi digital dalam aspek keselamatan dan pelayanan.

Infografis Aturan Aplikasi Transportasi
Infografis Aturan Aplikasi Transportasi (liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya