DPD RI: Tidak Ada Agenda Pelantikan MPR Rabu 2 Oktober 2024 Malam

MPR menunggu selesainya proses pemilihan pimpinan dari unsur DPD RI yang hingga kini masih belum mendapatkan keputusan.

oleh Tim News diperbarui 02 Okt 2024, 20:22 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 20:22 WIB
Pelantikan anggota DPR, MPR dan DPD
Sejumlah anggota DPR, MPR dan DPD di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di MPR RI Dedi Iskandar Batubara mengatakan bahwa Rabu (2/10/2024) malam ini, tidak ada pelantikan MPR RI.

"Informasinya malam hari ini tidak ada pelantikan. Belum akan ada pelantikan MPR pada malam hari ini. Menunggu proses di DPD selesai," kata Dedi Iskandar Batubara saat memimpin Rapat Penetapan Pimpinan Kelompok DPD dan Penetapan Alat Kelengkapan DPD RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Dedi mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi bahwa MPR menunggu selesainya proses pemilihan pimpinan dari unsur DPD RI.

"Jadi, saya kira ini normal-normal saja dalam dinamika dan situasi pemilihan di lembaga ini dan MPR," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD RI Tamsil Linrung mengatakan bahwa pelantikan pimpinan MPR RI kemungkinan pada hari Kamis, 3 Oktober 2024. 

"Tadi disampaikan kemungkinan besok baru ada rapat, sekaligus pelantikan pimpinan MPR. Oleh karena itu, kalau kami belum bisa menyelesaikan sampai pukul 19.00 WIB, sudah ada saling pengertian dengan pihak MPR," kata Tamsil.

Dia telah meminta Kesekjenan MPR RI untuk mengomunikasikan pemilihan pimpinan MPR RI oleh DPD RI.

Sebelumnya, MPR RI mengagendakan persiapan pemilihan pimpinan pada rapat gabungan pimpinan sementara MPR RI dengan pimpinan fraksi atau kelompok DPD RI pada hari Rabu ini.

Berdasarkan surat undangan Sidang Paripurna Ke-2 yang diterima di Jakarta, Rabu, agenda persiapan pemilihan pimpinan MPR RI dijadwalkan mulai pukul 19.00 WIB.

Pada waktu tersebut, terdapat dua agenda lainnya, yakni batas waktu dan mekanisme pengusulan nama bakal calon pimpinan MPR RI dari masing-masing fraksi atau kelompok DPD, serta rencana pembentukan alat kelengkapan MPR.


Sultan B Najamudin Terpilih Jadi Ketua DPD RI

Ketua DPD RI 2024-2029 Terpilih Sultan B Najamudin
Ketua DPD RI 2024-2029 Terpilih Sultan B Najamudin. (Dok. Tangkapan Layar YouTube Parlemen TV)

Sultan B Najamudin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029. Pemilihan tersebut diputuskan melalui voting dalam Sidang Paripurna DPD yang digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Rabu (2/10/2024).

Sultan Najamudin, yang merupakan calon pimpinan DPD RI dari paket dua, meraih 95 suara, mengungguli rivalnya La Nyalla Mattalitti yang memperoleh 56 suara.

"Berdasarkan perolehan suara tersebut sesuai ketentuan pasal 93 ayat 1 huruf b, bahwa calon paket pimpinan DPD yang memperoleh paling sedikit 50 persen ditambah satu dari jumlah seluruh anggota yang hadir dan menandatangani daftar hadir dalam sidang paripurna DPD, ditetapkan sebagai calon paket pimpinan DPD terpilih," ujar Wakil Pimpinan Sementara DPD RI Larasati Moriska di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta.


Penuhi Syarat

Sementara itu, paket kedua dipimpin calon Ketua DPD RI Sultan B Najamudin dengan tiga calon Wakil Ketua, yaitu GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung.

Larasati menjelaskan bahwa kedua kandidat telah memenuhi persyaratan dukungan dari anggota DPD RI yang berasal dari empat sub wilayah Indonesia. Dukungan tersebut sudah diverifikasi oleh pimpinan sementara DPD RI, didampingi saksi dari kedua kubu.

Menurut Tata Tertib DPD RI, kedua kandidat yang telah disetujui tidak boleh mengundurkan diri dan harus mengikuti proses pemilihan hingga tahap akhir.

La Nyalla Mattalitti sebelumnya menjabat Ketua DPD RI periode 2019-2024, sedangkan Sultan B Najamudin adalah Wakil Ketua DPD RI pada periode yang sama.

 

Infografis Komposisi Anggota DPR, DPD, dan MPR Periode 2024-2029 yang Baru Dilantik
Infografis Komposisi Anggota DPR, DPD, dan MPR Periode 2024-2029 yang Baru Dilantik
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya