Jelang HUT ke-79, Panglima TNI Tabur Bunga ke Taman Makam Pahlawan

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI berharap agar HUT TNI kali ini prajurit bisa lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

oleh Tim News diperbarui 04 Okt 2024, 10:40 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 10:16 WIB
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto ziarah ke makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto ziarah ke makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. (Tim Merdeka).

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto ziarah ke makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Ziarah dilaksanakan bersama dengan seluruh kepala staf angkatan dan beberapa personel TNI lainnya.

Sebelum melaksanakan ziarah dan tabur bunga mereka lebih dulu upacara penghormatan terhadap para pahlawan.

Upacara ini dilakukan di patung atau Tugu Garuda. Panglima TNI langsung menjadi inspektur upacara yang didampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay.

Setelah melaksanakan prosesi upacara, Panglima bersama dengan seluruh jajaran langsung menuju ke makam para pahlawan. Makam yang pertama kali ia kunjungi adalah Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dan Hasri Ainun Habibie.

Kemudian makam Ahmad Yani, AH Nasution, Umar Wirahadikusumah, Edi Sudrajat dan Rd Suprapto.

"Hari ini ziarah ke para pahlawan yang telah gugur, dalam rangka HUT TNI ke-79. Tadi ke mantan Presiden BJ Habibie, kemudian juga ke mantan Panglima TNI, TNI Sudrajat dan ke yang lain-lain," kata Agus kepada wartawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2024).

Dalam kesempatan itu, jenderal bintang empat ini berharap agar HUT TNI kali ini prajurit bisa lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

"Saya mengacu kepada visi misi saya, Prima, jadi prajurit yang profesional, tentunya kalau prajurit profesional harus mendapat kesejahteraan yang baik. Kemudian latihan yang baik, untuk melengkapi yang baik sehingga prajurit itu akan profesional," ujarnya.

 


Ingin Agar Prajurit TNI Semakin Baik

Selain itu, Agus juga ingin agar tingkah laku prajurit bisa semakin baik lagi dengan diberikan penyuluhan tentang hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

"Tadi itu dengan prajurit yang profesional, ya kita harapkan tingkah laku prajurit semakin baik. Karena diperlengkapi dengan baik, dilatih dengan baik dan memberikan penyuluhan tentang hukum, tentang HAM kaya gitu, dan membentuk organisasi-organisasi yang tadinya tidak ada supaya untuk kebaikan organisasi di sekitaran TNI," pungkasnya.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka

Infografis Kilas Balik Pemisahan Polri-TNI hingga Lahirnya UU Polri
Infografis Kilas Balik Pemisahan Polri-TNI hingga Lahirnya UU Polri (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya