Kawal Jokowi ke Solo, Polisi Akan Rekayasa Lalin hingga Bandara Halim Perdanakusuma

Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengawal kepulangannya, khususnya di jalan mengarah ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 17 Okt 2024, 19:28 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 19:28 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman.
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman. (Merdeka.com/ Rahmat Baihaqi)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan akan langsung kembali ke Solo usai tidak lagi menjabat sebagai kepala negara. Polda Metro Jaya pun menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengawal kepulangannya, khususnya di jalan mengarah ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Diperkirakan sampai nanti bapak Jokowi menuju ke Halim juga akan kita amankan jalur tersebut,” tutur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Kamis (17/10/2024).

Dia tidak menentukan kapan waktu penggunaan rekayasa lalu lintas tersebut. Sebab, penerapan nanti akan dilakukan secara situasional, termasuk di jalan yang dilintasi untuk kepentingan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih di Gedung DPR MPR RI, Jakarta, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

“Besok ada 750 (polantas), itu yang sekitar di Ring 1 di Jalan Sudirman-Thamrin, yang kami sampaikan adalah nanti alur kita amankan. Alur perjalanan tamu negara, dan beberapa venue itu ada di sektor HI, sektor Kuningan dan sektor Senayan,” jelas dia.

Termasuk juga mengamankan jalur para anggota DPR yang akan menuju acara pelantikan, termasuk Presiden Jokowi menuju Gedung DPR MPR RI, Jakarta.

“Maupun nanti yang kita amankan perjalanan Bapak Presiden Terpilih Pak Prabowo ke DPR, kita siapkan karena pasti akan menggunakan jalur Sudirman-Thamrin,” Latif menandaskan.

Polisi Terapkan Skala Prioritas Pengguna Jalan Selama Pelantikan Presiden-Wapres

Lakukan Pungli di Samsat Kota Bekasi hingga Viral, Aipda P Di-Patsus
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menyatakan, oknum anggotanya inisial Aipda P yang diduga melakukan pungli di Samsat Kota Bekasi telah ditangani Bid Propam Polda Metro Jaya. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sebelumnya, Polisi akan menerapkan pengaturan lalu lintas selama momen pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden (Wapres) Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Gedung DPR MPR RI, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Hal itu dilakukan di sejumlah ruas jalan, khususnya Jalan Sudirman-Thamrin yang nantinya bersifat situasional sambil memperhatikan skala prioritas.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyampaikan, agenda car free day atau CFD di Jalan Sudirman-Thamrin akan ditiadakan. Sebab, Jalan Sudirman-Thamrin termasuk dari Istana Negara hingga Gedung DPR MPR RI dipersiapkan untuk aktivitas presiden hingga para tamu kenegaraan.

“VVIP, baik jalur Presiden Terpilih maupun Presiden Pak Jokowi yang nantinya akan melintas di jalur Sudirman-Thamrin. Tentunya aktivitas masyarakat khususnya pengguna kendaraan bermotor ini akan sedikit terganggu,” tutur Latif kepada wartawan, Kamis (17/10/2024).

“Sehingga kami akan memberlakukan skala prioritas,” sambungnya.

Minta Maaf

Dia pun meminta maaf kepada seluruh masyarakat, khususnya yang melaksanakan aktivitas di Jalan Sudirman-Thamrin dan sekitarnya lantaran nantinya terdampak pengaturan lalu lintas.

“Mungkin pada saat jam-jam perjalanan tamu VVIP karena ada banyak kepala negara yang akan hadir, tentunya kita juga menghormati tamu tersebut, akan kita utamakan tamu tersebut untuk melewati Jalan Sudirman-Thamrin,” jelas dia.

Latif merinci, pengalihan arus lalu lintas juga akan diberlakukan antara lain di kawasan Harmoni, Patung Kuda, Bundaran HI, Lingkar Semanggi, termasuk Bundaran Senayan. Dengan tidak adanya CFD, penggunaan kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin akan berjalan normal.

“Jadi masyarakat yang istilahnya aktivitas biasa, akan sedikit kami kalahkan. Jadi sekali lagi kami memohon maaf,” Latif menandaskan.

Infografis Sederet Tunjangan dan Fasilitas Pensiun Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Sederet Tunjangan dan Fasilitas Pensiun Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya