Metro Sepekan: PTUN Jakarta Tolak Gugatan PDIP Terkait Pencalonan Wapres Gibran

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) memutuskan tidak menerima gugatan yang diajukan PDI Perjuangan (PDIP) terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU), terkait pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden terpilih.

oleh Devira PrastiwiNanda Perdana PutraAdy AnugrahadiTim News diperbarui 28 Okt 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2024, 08:30 WIB
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi Gantikan Jokowi-Ma'ruf Amin
Dalam sumpahnya, Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar. (BAY ISMOYO/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) memutuskan tidak menerima gugatan yang diajukan PDI Perjuangan (PDIP) terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU), terkait pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden terpilih.

Hal tersebut seperti disampaikan Jubir PTUN Jakarta Irvan Mawardi, Kamis 24 Oktober 2024. Dia menjelaskan, bahwa berdasarkan fakta hukum yang diuraikan majelis hakim, PTUN menilai karakteristik permasalahan hukum itu berada dalam sengketa proses pemilu.

Diketahui, penyelesaian sengketa Pemilu secara khusus telah diatur dalam Pasal 470 UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu juncto Pasal 2 Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 5 tahun 2017 Tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Pemilihan Umum di PTUN.

Sementara itu, sebuah bus yang membawa 58 anak Taman Kanak-Kanak (TK) terbakar di Jalan Tol Wiyoto Wiyono KM 03, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pada Kamis (24/10) sekitar pukul 10.12 WIB. Kejadian tersebut dilaporkan oleh petugas Jasa Marga dan terjadi tepat di depan Gedung Telkom.

Kasi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Abdul Wahid menjelaskan bahwa bus yang terbakar adalah bus pariwisata Bersama Putra Trans dengan nomor polisi B 71779 VGA, yang dikemudikan oleh Nanang Kosim (49) dan dimiliki oleh H. Deny.

Menurut Wahid, kebakaran bus itu bermula dari percikan api yang muncul dari bagian bawah AC dan kemudian menyebar ke bagian mesin hingga memicu kobaran api yang lebih besar.

Berita lain yang terpopuler dalam sepekan terakhir dalam sub kanal Megapolitan, News Liputan6.com adalah terkait polisi telah mengembalikan jenazah wanita paruh baya yang ditemukan tewas di dalam toren di sebuah rumah kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Jasad wanita itu ditemukan pada Kamis pagi 24 Oktober 2024. Kabar tersebut seperti disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Indardi.

Sehingga, saat ini polisi masih menunggu hasil autopsi yang dilakukan oleh Rumah Sakit (RS) Polri Kramatjati, Jakarta Timur. Karena, hal ini untuk mengetahui penyebab atas kematian dari wanita tersebut.

Berikut deretan berita metro yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com dalam sepekan terakhir:

1. PTUN Jakarta Tolak Gugatan PDIP Terkait Pencalonan Wapres Gibran

Wapres terpilih Gibran Rakabuming
Wakil presiden (wapres) terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) memutuskan tidak menerima gugatan yang diajukan PDI Perjuangan (PDIP) terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU), terkait pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden terpilih.

"Setelah majelis hakim bermusyawarah dan memutuskan. Mengadili, dalam eksepsi menerima eksepsi Tergugat dan Tergugat II intervensi, mengenai kewenangan atau potensi absolut pengadilan," tutur Jubir PTUN Jakarta Irvan Mawardi kepada wartawan, Kamis 24 Oktober 2024.

"Dalam pokok perkara, menyatakan gugatan Penggugat tidak diterima. Menghukum Penggugat untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp342.000," sambung dia.

Bahwa berdasarkan fakta hukum yang diuraikan majelis hakim, PTUN menilai karakteristik permasalahan hukum itu berada dalam sengketa proses pemilu.

 

Selengkapnya...

2. Bus Pengangkut 58 Siswa TK Terbakar di Tol Jaktim

Sebuah bus yang membawa 58 anak Taman Kanak-Kanak (TK) terbakar di Jalan Tol Wiyoto Wiyono KM 03, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.
Sebuah bus yang membawa 58 anak Taman Kanak-Kanak (TK) terbakar di Jalan Tol Wiyoto Wiyono KM 03, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. (Dok. Istimewa)

Sebuah bus yang membawa 58 anak Taman Kanak-Kanak (TK) terbakar di Jalan Tol Wiyoto Wiyono KM 03, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pada Kamis 24 Oktober 2024 sekitar pukul 10.12 WIB.

Kejadian tersebut dilaporkan oleh petugas Jasa Marga dan terjadi tepat di depan Gedung Telkom.

Kasi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Abdul Wahid, menjelaskan bahwa bus yang terbakar adalah bus pariwisata Bersama Putra Trans dengan nomor polisi B 71779 VGA, yang dikemudikan oleh Nanang Kosim (49) dan dimiliki oleh H. Deny.

"Bus pariwisata Bersama Putra Trans mengangkut 58 anak TK. Pengemudi Nanang Kosim (49) dan pemilik H. Deny," ungkap Wahid dalam keterangannya, Kamis 24 Oktober 2024.

Menurut Wahid, kebakaran bus itu bermula dari percikan api yang muncul dari bagian bawah AC dan kemudian menyebar ke bagian mesin hingga memicu kobaran api yang lebih besar.

 

Selengkapnya...

3. Jasad Wanita dalam Tower di Jakut Sudah Dikembalikan ke Keluarga, Polisi Tunggu Hasil Otopsi

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi.
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Polisi telah mengembalikan jenazah wanita paruh baya yang ditemukan tewas di dalam toren di sebuah rumah kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Jasad wanita itu ditemukan pada Kamis pagi 24 Oktober 2024.

"Jenazah sudah diserahkan ke keluarga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Indardi kepada wartawan, Jakarta, Jumat 25 Oktober 2024.

Sehingga, saat ini polisi masih menunggu hasil otopsi yang dilakukan oleh Rumah Sakit (RS) Polri Kramatjati, Jakarta Timur. Karena, hal ini untuk mengetahui penyebab atas kematian dari wanita tersebut.

"Tentunya otopsi dilakukan oleh tim dokter forensik RS Polri Kramat Jati, saat ini masih menunggu hasilnya," ujarnya.

 

Selengkapnya...

Infografis Harta Kekayaan polisi karawang Tersangka Pemasok Sabu ditangkap karena pasok narkoba ke klub malam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Harta Kekayaan polisi karawang Tersangka Pemasok Sabu ditangkap karena pasok narkoba ke klub malam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya