Hujan Deras dan Angin Puting Beliung Melanda 3 Wilayah Depok

Hhujan disertai petir dan angin kencang berlangsung selama satu jam di wilayah Kota Depok.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 28 Okt 2024, 18:14 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2024, 18:12 WIB
Aluminium
Sebuah aluminium yang biasa digunakan untuk atap rumah, tersangkut di KRL Jakarta-Bogor, akibat hujan deras disertai angin kencang melanda Depok. (Istimewa)

 

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras disertai angin puting beliung melanda Kota Depok. Kejadian tersebut terjadi di Kecamatan Sawangan, Cipayung, dan Pancoran Mas, pada pukul 16.00 WIB.

Seorang warga Sawangan, Laila Sakina mengatakan, pada pukul 15.45 WIB, hujan deras mulai mengguyur wilayah Pasir Putih, Sawangan. Tidak lama berselang, hujan disertai petir mulai terdengar semakin keras.

“Iya, pertama hujan, lalu petir, dan pas saya lihat keluar rumah, itu kayak gelap banget, ada angin kencang banget,” ujar Laila kepada Liputan6.com, Senin (28/10/2024).

Laila menjelaskan, hujan deras tidak hanya diiringi suara petir, terlihat dari depan teras rumahnya, sejumlah pohon diterpa angin. Tidak sedikit pohon di rumahnya tumbang akibat tidak kuat menahan terpaan angin.

“Ini sepertinya angin puting beliung, karena anginnya kencang sampai tiga pohon tumbang, pohon pisang di pekarangan rumah juga tumbang,” jelas Laila.

Ia merasa takut akibat hujan deras disertai petir dan angin. Bahkan, dari atap rumahnya sempat terdengar suara, seakan genteng rumah mau lepas terbawa angin.

“Sempat terdengar kayak genteng bergeser, tapi Alhamdulillah rumah saya aman, paling di lingkungan sekitar banyak pohon tumbang,” ucap Laila.

Sementara, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kota Depok, Lisna sedang bersiaga apabila mendapatkan info terkait dampak dari hujan deras, petir, dan angin kencang. Menurutnya, peristiwa hujan disertai petir dan angin kencang berlangsung selama satu jam di wilayah Kota Depok.

“Sementara informasi yang kami terima, hujan deras disertai petir dan angin berada di wilayah Sawangan, Cipayung, dan Pancoran Mas,” terang Lisna.

Lisna mengaku terdapat satu laporan sementara terkait dampak hujan deras disertai petir dan angin kencang. Laporan yang diterima yakni pohon tumbang yang menimpa rumah warga di wilayah Pancoran Mas.

“Pohon tumbang mengenai rumah warga tepatnya di Rangkepan Jaya, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran,” ungkap Lisna.

 

Aluminium Tersangkut di Kabel KRL

Sementara, Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Denny Romulo membenarkan telah terjadi hujan deras disertai angin kencang. Selain itu, Denny turut mendapatkan informasi sempat terjadinya hujan es di wilayah Cilodong.

“Iya hujan deras, terdapat petir juga,” ujar Denny.

Saat disinggung terkait laporan dampak dari hujan deras disertai angin puting beliung, Denny belum mendapatkan laporan secara resmi. Namun apabila terdapat laporan dan permintaan bantuan penanganan, DPKP Kota Depok akan bergerak melakukan bantuan penanganan.

“Nanti di info,” kata Denny.

Berdasarkan data yang dihimpun Liputan6.com, terdapat sejumlah wilayah terdampak hujan deras disertai angin puting beliung. Selain pohon tumbang di wilayah Sawangan dan Pancoran Mas, terdapat sebuah atap rumah warga mengalami kerusakan akibat tersapu angin di wilayah Cipayung.

Selain itu, dilaporkan sebuah aluminium yang biasa digunakan untuk atap, tersapu angin dan tersapu mengenai kabel lintasan KRL Jakarta-Bogor, tepatnya di wilayah Bojong Pondok Terong, Cipayung.

Belum terdapat informasi secara resmi, dampak dari bahan alumunium yang menyangkut di kabel KRL, mengganggu jadwal KRL atau tidak. Namun sejumlah petugas mekanik dari Commuter Line berusaha menurunkan alumunium yang tersangkut.

Infografis

Infografis Musim Hujan Datang, La Nina Mengintai. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Musim Hujan Datang, La Nina Mengintai. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya