Tanggul Kali Sekretaris Tanjung Duren yang Jebol Kini Mengering

Selain hujan deras, tingginya permukaan air di kali menyebabkan tanggul jebol.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 20 Jan 2014, 23:57 WIB
Diterbitkan 20 Jan 2014, 23:57 WIB
tanggul-sekretaris-140119b.jpg
Kondisi Tanggul sekertarris yang jebol akibat hujan deras beberapa hari lalu saat ini kondisinya sudah mengering. Petugas dari Dinas pekerjaan umum telah memperbaiki kondisi tanggul yang dibangun sejak 12 tahun lalu.

Pantauan Liputan6.com, Senin (20/1/2014), kondisi tanggul jebol yang menyebabkan banjir di kawasan Tanjung Duren,  Grogol, Petamburan, Jakarta Barat tampak kering. Selain karena hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut, tingginya permukaan air di kali menyebabkan tangguil jebol karena tak sanggup menahan beban air yang berlebih.

Air yang tadinya terus mengalir keluar dari tembok tanggul yang jebol dan retak selebar 30 centimeter itu sudah dapat dihentikan. Kondisi tanggul yang tadinya hanya ditopang dengan tiang-tiang besi dan hanya ditahan oleh karung-karung pasir itu saat ini sudah cukup baik. Kondisi jalan terutama yang berada di kawasan Tanjung Duren grogol pun berangsur mengering.

Senin 20 Januari siang, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengecek kondisi tanggul kali tersebut. Melihat kondisi tanggul tersebut, pria yang biasa disapa Jokowi itu langsung menginstruksikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan untuk mempercepat memperbaiki Tanggul Kali tersebut.

"Segera dikerjakan besok. Tidak mau ambil risiko. Sheet pile-nya juga akan diluruskan. Dimulai. Jangan nunggu-nunggu," tegas Jokowi usai mengecek kondisi tanggul Sekretaris. (Luq/Riz)

Baca juga:

BMKG: Intensitas Hujan Diprediksi Berkurang Mulai Malam Ini
Kurangi Banjir Jakarta, 2 Waduk Dibangun di Bogor-Depok
Jokowi, Aher, dan Menteri LH Bahas Ciliwung dari Hulu ke Hilir

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya