Diajak Zulhas Temui Kader di Sumut, Sinyal PAN Dukung Erick Thohir Cawapres Makin Kuat

Hubungan Erick Thohir dan Zulhas yang semakin akrab memberi sinyal bahwa dukungan PAN terhadap Menteri BUMN itu untuk maju di Pilpres 2024 semakin kuat.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Jan 2023, 18:50 WIB
Diterbitkan 18 Jan 2023, 10:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir melangsungkan senam pagi bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.
Menteri BUMN Erick Thohir melangsungkan senam pagi bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Sinyal Menteri BUMN Erick Thohir mendapat dukungan maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) 2024 dari Partai Amanat Nasional (PAN) semakin terang.

Hal ini terlihat dari kedekatan Erick Thohir dan Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas dalam berbagai agenda. Dalam beberapa agenda partai, Zulhas kerap melempar kode keras dukungan kepada Erick di hadapan kader PAN.

Terbaru, sinyal itu diperlihatkan saat Erick Thohir ikut bersama Zulhas menghadiri sejumlah agenda PAN di Sumatera Utara (Sumut). Zulhas menyampaikan sinyal akan mendukung Erick maju sebagai Capres atau Cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

Erick Thohir pun diajak menemui kader PAN di Kabupaten Binjai dan Kabupaten Langkat. Dua daerah tersebut dipimpin kader PAN, Syah Afandin atau Ondim. Erick dan Zulhas juga terlihat hadir dalam acara temu kader dan simpatisan PAN se-Sumut.

"Dua menteri hari ini datang ke Sumatera Utara, Insyaallah nanti 2024 datang lagi kemari (sebagai) Presiden atau Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Zulkifli Hasan di Sumut, Selasa (17/1/2023).

Zulhas bahkan menanyakan dengan persuasif kepada para kader apakah Erick Thohir sosok yang tepat didukung PAN di Pilpres mendatang. Pertanyaan itu pun disambut positif kader yang hadir.

"Cocok enggak kalau Pak Erick jadi calon kita?" tanya Zulhas.

Momentum Zulhas kenalkan Erick Thohir ke kader PAN Sumut ini memberikan kabar segar bagi para pendukungnya. Apalagi Erick Thohir dinilai punya amunisi yang lengkap untuk maju cawapres.

“Pak Erick Thohir cawapres itu potensial. Pak Erick Thohir itu bisa. Selain integritas Pak Erick Thohir punya logistik yang cukup kuat,” ucap Pengamat Politik Igor Nainggolan.

 


Duet Ganjar-Erick Makin Tak Terkejar

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. (Foto: Istimewa).

Sementara itu, skema duet Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang semakin menjadi favorit masyarakat Indonesia. Hal ini merujuk pada hasil polling The Matchmaker.

Berdasarkan data polling terbaru, duet kepala daerah dan menteri tersebut semakin tidak terkejar dalam seminggu terakhir. Duet Ganjar-Erick semakin digdaya atas skema pasangan lain yang diinginkan masyarakat.

Polling terbaru pada periode 1 Desember 2022 – 12 Januari 2023 menunjukkan duet Ganjar-Erick mendapatkan angka sebesar 1.291. Sementara itu skema pasangan Prabowo-Erick berada di bawahnya dengan angka 803.

Skema pasangan ini juga mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan yakni hanya sebanyak 4 vote. Sebelumnya skema duet menteri andalan Presiden Jokowi ini mendapat 799 votes.

Terpaut jauh, pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hanya mendapatkan hasil vote sebesar 193. Walaupun terjadi kenaikan signifikan yakni sebesar 30 vote dari minggu lalu, pasangan ini hanya mampu mengikuti dari posisi lima.

Terpantau minggu lalu Anies-AHY juga berada di posisi lima dengan angka vote sebesar 163. Sejauh ini sudah terdapat 4.469 masyarakat yang mengikuti polling yang dilakukan oleh detikcom melalui program The Matchmaker.

Perlu diketahui, nama-nama tokoh yang ada di polling The Matchmaker disaring dari berbagai lembaga survei di Indonesia, antara lain Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Charta Politika, hingga Litbang Kompas.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya