Menyisir Rambut Sebaiknya Setiap Hari, Mau Tahu Alasannya?

Orang-orang yang memiliki rambut kering atau rentan terhadap kerontokan lebih enggan menyisir.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Des 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 15 Des 2021, 18:00 WIB
Menyisir Rambut
Ilustrasi Cara Menyisir Rambut Credit: unsplash.com/Prior

Liputan6.com, Jakarta Sama seperti menyikat gigi, menyisir rambut pun sebaiknya dilakukan setiap hari. Sebab, aktivitas ini termasuk salah satu cara untuk merawat rambut dengan baik.

Salah satu pendiri Deyga Organics Arthi Raguram mengatakan, orang-orang yang memiliki rambut kering atau rentan terhadap kerontokan lebih enggan menyisir. Beberapa di antaranya jarang menyisir untuk menghindari kerontokan yang ekstra.

“Tapi menyisir rambut bukan hanya praktik perawatan diri karena memiliki manfaat ilmiah yang jelas. Membersihkan rambut dua kali sehari — sekali di pagi hari dan sekali di malam hari sebelum tidur — adalah hal yang biasa. Frekuensi dapat bervariasi tiap orang, tergantung pada panjang dan tekstur rambut. Misalnya, orang dengan rambut panjang harus menyisir setidaknya tiga kali sehari untuk mencegah kusut dan patah,” jelasnya.

Seiring hal tersebut, kemudian Raguram akhirnya membagikan alasan kenapa setiap orang perlu menyisir rambut setiap hari. Melansir laman The Indian Express, Rabu (15/12/2021), inilah manfaat menyisir rambut setiap hari versi Raguram.

1. Meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala

Dengan menyisir, kapiler kulit kepala akan bekerja. Hal itu kemudian akan membantu mengangkut oksigen dan nutrisi ke folikel rambut secara lebih efektif.

Dengan demikian, menyisir dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, menutrisi akar rambut, meningkatkan pertumbuhan, dan membantu mengurangi kerontokan rambut.

2. Merangsang dan menyalurkan minyak alami

Kelenjar sebaceous yang di kulit kepala menghasilkan sebum. Secara alami, kelenjar tersebut mampu mengkondisikan dan melindungi rambut.

Ketika seseorang menyisir, itu kemudian akan merangsang kelenjar sebaceous dan memastikan minyak alami terdistribusi dengan baik dari sebum ke akar rambut bahkan hingga sepanjang batang rambut. Dengan demikian, menyisir menjaga kesehatan kulit kepala dan menciptakan keseimbangan pH yang tepat.

3. Menghaluskan kulit kepala

Menyisir rambut secara teratur juga dapat membantu membersihkan rambut, sel kulit mati, sisa produk rambut, kotoran, hingga endapan lain yang menempel di akar rambut dan kulit kepala Anda.

Dengan menyisir rambut, seseorang dapat membersihkan itu semua bahkan hingga pori-pori kulit kepala. Selain itu, menyisir rambut juga memungkinkan kulit kepala dan rambut bernafas hingga meremajakan rambut berketombe.

4. Menambah volume pada rambut

Terakhir, menyisir rambut dapat membantu menjaga kilau rambut. Lebih dari itu, ketika seseorang menyisir rambut setiap hari itu dapat meningkatkan volume dan mempertahankan rambut terlihat sehat dan segar. Selain itu, menyisir rambut pun mencegah rambut menjadi kusut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menyisir rambut dengan cara yang benar

Menyisir Rambut Sebelum Mandi
Ilustrasi Menyisir Rambut Credit: freepik.com

1. Pilih alat yang tepat

Gunakan sisir kayu (sebaiknya yang berbahan dasar rosewood) karena bersifat antistatis, berbeda dengan sisir plastik yang membuat rambut kusut, rapuh, dan mudah rusak.

Selain itu, sisir kayu juga tidak dapat menarik rambut atau menggores kulit kepala saat mengurai rambut.

2. Jangan mulai dari akar

Untuk memastikan terhindar dari kerusakan, sisir rambut Anda dimulai dari beberapa bagian. Misalnya memulai dari bagian tengah. Sebab, menyisir rambut dari atas ke bawah justru akan menyebabkan kerusakan.

3. Jangan menyisir rambut basah

Rambut basah sangat rentan patah. Oleh sebab itu, pastikan Anda keringkan rambut terlebih dahulu sebelum menyisirnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya