Bermasalah dengan Jerawat Bokong? Asam Kojic Bisa Jadi Solusinya

Lantas, apakah asam kojic tersebut?

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 09 Feb 2023, 22:13 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2023, 22:12 WIB
3 Langkah Usir Jerawat di Bokong
Menjaga kebersihan tubuh, termasuk bokong, cara cegah jerawat hadir di bagian tersebut. (Foto:pbcbootcamp.com)

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua jerawat yang tumbuh di area mana pun terkadang terasa menyebalkan. Termasuk jika jerawat muncul di sekitar bokong. Namun, tidak perlu khawatir karena masalah ini dapat teratasi dengan asam kojic.

Lantas, apakah asam kojic tersebut?

“Kojic adalah asam lembut dengan beberapa sifat antimikroba yang dapat membantu jerawat,” jelas dokter kulit bersertifikat di Rumah Sakit Mount Sinai Carmen Castilla seperti dilansir Well and Good, Rabu (8/2/2023).

Sifatnya yang lembut menjadikannya pilihan bagus untuk merawat bokong tanpa iritasi. Utamanya bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif. Perlu dicatat bahwa sifat antimikrobanya berada di sisi yang lebih lemah, yang berarti akan bekerja lebih baik jika dikombinasikan dengan obat jerawat lainnya.

Namun, alasan sebenarnya Anda perlu menambahkan asam kojic ke dalam rutinitas perawatan kulit agar membantu pigmentasi pasca-jerawat yang dapat muncul setelah jerawat hilang.

"Asam Kojic sering digunakan untuk mengobati masalah pigmen seperti melasma," kata Castilla. "Asam ini memblokir enzim tertentu yang menghasilkan pigmen yang memungkinkannya mencerahkan kulit."

Selain itu, asam kojic juga memiliki sifat antioksidan yang menetralkan radikal bebas sehingga membantu melindungi kulit secara keseluruhan.

Demi hasil terbaik, pendiri Kaia Naturals Mary Futher menyarankan untuk melengkapi rutinitas perawatan bokong tersebut dengan menggunakan sabun asam kojic. Cukup gosok selama 20 detik saat mandi, bilas, dan ulangi secara teratur sampai semuanya bersih.

Seperti yang disebutkan, proses ini harus dilakukan sebagai tambahan. Karena jerawat bokong penyebabnya berbeda-beda, termasuk folikel rambut yang tersumbat, gesekan, dan keratosis pilaris, jadi cenderung memerlukan pendekatan perawatan multi-cabang.

“Umumnya, sebagian besar dokter kulit akan merekomendasikan pencuci benzoil peroksida atau pencuci asam salisilat sebagai perawatan lini pertama,” kata Castilla

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya