Toyota dan BMW Berkomplot Bikin Tandingan Porsche 911

Supercar tersebut akan lebih kencang dan lebih bertenaga dibandingkan Lexus LF-A.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 13 Jun 2014, 16:19 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2014, 16:19 WIB
Toyota dan BMW Berkomplot Bikin Tandingan Porsche 911
Supercar tersebut akan lebih kencang dan lebih bertenaga dibandingkan Lexus LF-A.

Liputan6.com, Munich - Toyota dan BMW saat ini bekerja sama mengembangkan sebuah supercar yang telah memiliki teknologi hybrid. Menurut rumor yang berkembang, supercar tersebut akan lebih kencang dan lebih bertenaga dibandingkan Lexus LF-A yang legendaris.

Kolaborasi BMW dan Toyota ini merupakan sebuah ambisi BMW untuk menjegal kejayaan Porsche 911 dengan menciptakan sebuah mobil sport dengan mesin tengah.

Proyek yang mengusung kode sandi Silk Road 2 ini mempersiapkan sebuah kendaraan dua penumpang dengan mesin tengah yang akan menggantikan posisi BMW Z7 dan Lexus ZC-ZR pada akhir 2018 atau awal 2019, seperti dilansir dari Topspeed, Jumat (13/6/2014).

Kedua sportcar tersebut akan dikembangkan di markas BMW di kota Munich, Jerman dan akan mengusung mesin enam silinder berkapasitas 3,0 liter yang telah dilengkapi dengan supercharger di belakang kursi pengemudi.

Menurut pihak BMW, mesin tersebut nantinya akan mampu menyemburkan tenaga antara 400 sampai 500 horse power (HP).

Bila sportcar tersebut jadi direalisasikan dalam bentuk versi produksi, kemampuan mesinnya akan setara dengan milik Porsche 911 Carrera S dan 911 Turbo.

Untuk menghasilkan sebuah sportcar yang lincah, BMW juga memfokuskan pada pengurangan bobot kendaraan agar menjadi ringan. BMW menginginkan bobot sportcar hasil koalisinya dengan Toyota tersebut tidak lebih dari 1.818 kg.

Sayangnya, bobot kendaraan yang diharapkan tersebut masih lebih berat jika dibandingkan dengan keluarga Porsche 911 yang memeiliki bobot masing-masing hanya 1.520 kg untuk Carrera S dan 1.764 kg untuk 911 Turbo.

Padahal, bobot sportcar ini masih lebih ringan jika dibandingkan dengan sportcar buatan BMW lainnya atau Toyota Supra.

Hal tersebut kemungkinan akan sedikit memperlambat riset pada departemen performa, namun BMW optimis kalau sportcar yang mereka kembangkan saat ini hanya memakan waktu paling lama antara empat sampai lima tahun.

Sebagai penjegal dari Porsche 911, sportcar BMW ini akan dibanderol lebih murah dibandingkan buatan kompetitornya yaitu seharga 90 ribu Euro atau sekitar Rp 1,44 miliar (Kurs Rp 16.045 per Euro).

Sportcar ini nantinya juga akan mendapatkan motor listrik dengan tenaga sebesar 150 HP dan sistem transmisi tujuh percepatan dual clutch. (Ysp/Nrm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya