Lampu Reflektor Lebih Terang Dibanding Proyektor, Benarkah?

Banyak pemilik mobil khususnya model lama yang mengubah headlamp bawaan yang masih menggunakan reflektor standar dengan model proyektor.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 05 Okt 2015, 16:03 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2015, 16:03 WIB
Lampu Reflektor Lebih Terang Dibanding Proyektor, Benarkah?
Banyak pemilik mobil khususnya model lama yang mengubah headlamp bawaan yang masih menggunakan reflektor standar dengan model proyektor.

Liputan6.com, Jakarta - Tren desain pada kendaraan modern saat ini banyak yang mengaplikasi headlamp berteknologi proyektor. Seiring berjalannya waktu, banyak pemilik mobil khususnya model lama yang mengubah headlamp bawaan yang masih menggunakan reflektor standar dengan model proyektor.

Desain lampu proyektor yang futuristik disebut tidak diimbangi dengan kualitas pencahayaan yang lebih baik. Willy, pemilik gerai aksesori Istana Mobil Sport di Mega Glodok Kemayoran mengatakan, kualitas pencahayaan reflektor biasa masih lebih baik ketimbang model proyektor.

"Jika bicara lebih terang, lampu biasa lebih terang. Sementara itu, proyektor cahayanya terhalang lensa," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (5/10/2015).

Ia menambahkan, banyak orang memilih menggunakan reflektor bergaya proyektor adalah karena tuntutan fashion semata.

Hal ini diamini Ve, salah seorang konsumen yang membeli lampu proyektor. Ia mengganti headlamp Toyota Yaris miliknya karena ingin tampilan mobil yang beda.

"Saya ganti lampu dengan proyektor karena ingin tampil lebih segar, kebetulan mobil ini waktu awal tahun terkena banjir. Lampu depan sampai sekarang masih berembun, jadi sekalian ganti," jelasnya.

Bicara durabilitas, Willy menjelaskan baik proyektor maupun reflektor standar tidak ada perbedaan. Hal ini disebabkan karena jenis pencahayaannya tidak berubah.

"Proyektor dalamnya juga menggunakan bohlam, jadi sama seperti reflektor biasa daya tahan lampunya," tandasnya.

(ysp/ian)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya