Mengenali Masalah Mobil dari 6 Aroma Tak Sedap

Mendeteksi keganjilan pada mobil tidak selalu dari tampilan fisik atau suara saja, ternyata mobil juga bisa mengeluarkan aroma yang berbeda dibanding biasanya.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Apr 2018, 19:30 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2018, 19:30 WIB
Ilustrasi bau (iStock)
Ilustrasi bau (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Mendeteksi keganjilan pada mobil tidak selalu dari tampilan fisik atau suara saja, ternyata mobil juga bisa mengeluarkan aroma yang berbeda dibanding biasanya.

Ada beberapa bau aneh yang harusnya kamu sadari jika ada yang tidak beres dengan mobilmu, apa saja?

1. Bau Karet Terbakar

Bau ini bisa jadi pertanda bahwa adanya selang yang longgar yang bergesekan dengan pulley saat berputar. Cobalah berhenti dan jangan langsung menyentuhnya langsung selama mesin masih panas.

2. Bau Oli

Aroma ini menandakan adanya kebocoran oli dari sistem knalpot. Untuk memastikan kebocoran itu, coba cek pada bagian saluran pembuangan di area mesin.

Sebelum memastikan kebocoran itu, matikan mesin terlebih dahulu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


3. Bau Bensin

Bau ini seperti tanda bahwa bensin bocor. Ada kemungkinan bocor terjadi pada saluran injector bahan bakar atau tanki bahan bakar.

Hati-hati, jika ini terjadi, ada kemungkinan bahaya kebakaran, jadi segeralah untuk memperbaikinya.

4. Bau Sirup

Bau manis seperti sirup bisa jadi tanda bahwa adanya kebocoran dari komponen sistem pendingin mobil. Jika benar, jangan membuka radiator selama mesin masih panas.

 


5. Bau Karpet Terbakar

Bisa jadi bau ini sebagai sinyal adanya masalah pada rem. Segeralah cek sistem pengereman mobilmu.

Terlebih jika bau ini muncul selama berkendara secara normal. berhati-hatilan, masalah pada sistem pengereman bisa menjadi masalah keamanan berkendara yang serius.

6. Bau Telor Busuk

Aroma sangat tak sedap ini menandakan catalytic converter tidak mengubah hidrogrn sulfida dalam pembuangan sulfur dioksida dengan benar.

Sumber : Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya