Ada Bekas Las di Rangka Motor, Ini Penjelasannya

Pernah lihat sambungan las pada sasis atau lengan ayun di sepeda motor sport, terutama yang mengaplikasi rangka deltabox?

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Sep 2018, 18:05 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2018, 18:05 WIB
Ilustrasi las-an pada rangka
Ilustrasi las pada rangka (Motorcycleusa.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pernah lihat sambungan las pada sasis atau lengan ayun di sepeda motor sport, terutama yang mengaplikasi rangka deltabox? Sebenarnya hal tersebut tidak memberikan pengaruh besar terhadap sepeda motor, termasuk keseimbangan dan handling motor.

Ia hanya bagian dari proses welding di pabrik, sekaligus mengurangi ongkos pembuatan menjadi mahal untuk motor produksi massal.

Namun semua telah diperhitungkan pabrikan, sehingga rangka dan swing arm tetap memiliki standar mutu yang ketat dan baik. Sebaliknya jika dicetak langsung akan memakan biaya yang cukup besar.

Menurut M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) hal tersebut tetap kokoh dan tidak mengurangi keindahan sepeda motor karena menjadi dari tahapan proses produksi rangka yang sudah diperhitungkan oleh produsen sepeda motor.

“Kenapa ada sambungan las-lasan?, karena material besi harus diwelding karena komponennya besar. Bisa saja dicetak langsung dengan proses forging, tapi ini cost-nya mahal,” terang M. Abidin

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Selanjutnya

Pemakaian rangka dan lengan ayun cetakan langsung bukan tidak ada. Lantas Abidin mencontohkan, proses cetak langsung atau proses forging terdapat pada Yamaha TMax dan MotoGP.

“Jika cetak langsung harus memggunakan media alumunium deltabox, sangat mahal seperti TMax atau MotoGP M1,” beber M. Abidin.

Pada umumnya, lanjut Abidin, sambungan welding dengan robot hasilnya sangat rapi dan presisi, dan tentu saja kuat.

Pembuatan dengan sambungan welding umumnya terdapat pada produk Yamaha yang menggunakan deltabox, seperti pada R Series Yamaha R1, R6, R15, Vixion, dan untuk matik sport premium ada di Yamaha TMax.

Reporter: Ray

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya