Harga Mobil Lelang Turun di Masa Pandemi

Penurunan penjualan juga terjadi pada sektor kendaraan bekas. Tak hanya melalui showroom, pembelian mobil dengan cara lelang diakui Presiden Direktur PT Balai Lelang Serasi (Ibid), Daddy Doxa Manurung turun hingga 40 persen di bulan April 2020.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 23 Jun 2020, 14:04 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2020, 14:04 WIB
KPK Lelang Kendaraan Operasional
Warga mengecek kondisi mobil operasional KPK yang akan dilelang di Gedung KPK Lama, Jakarta, Selasa (27/2). KPK bakal menggelar lelang barang inventaris pada Kamis (1/3/2018) mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan penjualan tidak hanya terjadi pada mobil baru tapi juga pada kendaraan bekas. Tak hanya melalui showroom, pembelian mobil dengan cara lelang diakui Presiden Direktur PT Balai Lelang Serasi (Ibid), Daddy Doxa Manurung turun hingga 40 persen di bulan April 2020.

"Meskipun ada penurunan tapi masih ada yang ikut beli. Maret turun 20 persen, April paling parah 40 persen, tapi Mei bisa naik lagi. Jadi bulan kelima itu penurunan 30 persen lebih baik dari bulan sebelumnya," kata Daddy kepada Liputan6.com, Selasa (23/6/2020).

Adanya penurunan penjualan dan banyaknya stok kendaraan membuat harga jual kendaraan bekas dengan sistem lelang mengalami penurunan cukup tinggi.

"Harga turun jauh karena suplai banyak, yang beli enggak banyak. Dari bulan Maret dan April sampai Mei itu mengalami penurunan harga sekitar Rp 10 sampai Rp 20 juta per unit," ujarnya.

Meski demikian, memasuki minggu ketiga bulan Juni, Daddy menegaskan adanya perbaikan harga meski penurunan masih terjadi untuk mobil lelang.

"Sekarang kan sudah masuk minggu ketiga bulan Juni, berlahan balik lagi meski belum ke normal. Ada kenaikan Rp 5 jutaan dibandingkan posisi harga di bulan Mei," tuturnya.


Waktu yang Tepat Membeli Mobil

Adanya penurunan harga dinilai Daddy menjadi moment yang tepat bagi calon konsumen pribadi yang membutuhkan kendaraan dengan banderol terjangkau.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk membeli kendaraan kalau mau dipakai sendiri. Harganya lagi bagus banget sekarang, jadi bisa dapat lebih murah mobil yang memang diinginkan," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya