Menegangkan, Pengemudi Mobil Nyaris Menabrak Ban Serep yang Lepas di Jalan Tol

Baru-baru ini pun terdapat video memperlihatkan insiden di luar ekspektasi yang terjadi di jalan. Kali ini, ban serep salah satu pengendara terlepas secara tiba-tiba dari kendaraannya yang sedang berjalan di salah satu ruas tol.

oleh Jordy Rivaldo diperbarui 02 Jun 2023, 18:01 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2023, 18:01 WIB
Pengemudi Mobil Nyaris Tabrak Ban Serep yang Lepas Di Jalan Tol
Pengemudi Mobil Nyaris Tabrak Ban Serep yang Lepas Di Jalan Tol. (Tangkapan layar video Instagram @dashcam_owners_indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan lalu lintas memang merupakan risiko mutlak yang tidak dapat dihindari seluruh pengendara kendaraan bermotor. Terkadang hal-hal tak terduga yang membahayakan bisa saja tiba-tiba terjadi.

Baru-baru ini pun terdapat video memperlihatkan insiden di luar ekspektasi yang terjadi di jalan. Kali ini, ban serep salah satu pengendara terlepas secara tiba-tiba dari kendaraannya yang sedang berjalan di salah satu ruas tol.

Video pendek tersebut diunggah melalui akun media sosial Instagram @dashcam_owners_indonesia. Berdasarkan keterangan unggahan itu, insiden ini terjadi di  tol Jakarta-Tangerang arah Jakarta, sekitar KM 20.

Dalam rekaman tersebut dapat dilihat ban serep menggelinding sampai hampir mengenai mobil lain yang sedang melintas di sana. Untungnya, pengendara mobil berwarna putih itu langsung melakukan manuver sehingga berhasil menghindari kecelakaan.

Jika pengendara mobil tersebut tidak cukup sigap, mungkin pengendara akan mengalami kecelakaan yang cukup parah. Kejadian ban serep copot di tengah jalan seperti ini memang pernah beberapa kali terjadi sebelumnya.

Jangan dianggap remeh, dampaknya dapat lebih bahaya dari yang dibayangkan. Sebagai contoh, kejadian serupa juga pernah terjadi di California, Amerika Serikat pada Kamis (23/03/2023) lalu.

Kecelakaan ini terekam oleh dashcam mobil Tesla, kemudian diunggah di Twitter oleh @Anoop_Khatra. Dalam rekaman tersebut terlihat ban bagian depan sebelah kiri mobil Chevrolet Silverado terlepas secara tiba-tiba.

 

 


Kejadian Serupa Pernah Terjadi di California

Akibatnya, ban mobil Chevrolet itu pun langsung menghantam mobil Kia Soul yang berada tepat di sebelahnya. Setelah berbenturan dengan ban yang berukuran cukup besar itu, Mobil Kia Soul ini langsung terpelanting cukup tinggi ke atas.

Lebih horornya lagi,mobil ini  terjatuh dengan posisi terbalik. Saat terjatuh, Kia Soul tersebut pun terguling 360 derajat yang menyebabkan kerusakan berat di seluruh bodi mobil, hingga puing-puing dari mobil ini berserakan di tengah jalan.

Meskipun kecelakaan ini dapat dibilang cukup parah, tetapi menurut informasi dari Carscoops, pengendara mobil ini berhasil selamat. 

Kabarnya, pengemudi mobil Kia Soul hanya mengalami luka ringan. Pengendara ini berhasil selamat dari kecelakaan maut tersebut karena menggunakan sabuk pengaman.

Maka dari itu, sangat penting bagi pengemudi mobil untuk mengenakan sabuk pengaman, terutama di jalan tol. Dengan begitu, pengemudi dapat meminimalisir dampak dari insiden tak terduga seperti dua kejadian di atas.

Infografis Bahan Pangan Lokal Bernutrisi tapi Jarang Diketahui
Infografis Bahan Pangan Lokal Bernutrisi tapi Jarang Diketahui. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya