Ekspansi Pasar, Pesaing Land Cruiser dari Tiongkok Bakal Jajah Segmen Otomotif Australia

Australia jadi destinasi baru bagi Great Wall Motor untuk melakukan ekspansi mobil listrik mereka ke wilayah di luar Tiongkok

oleh Fahmi Rizki diperbarui 21 Jun 2023, 15:02 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023, 15:02 WIB
GWM Tank 500 bakal segera mengaspal di Australia (Drive Australia)
GWM Tank 500 bakal segera mengaspal di Australia (Drive Australia)

Liputan6.com, Jakarta - Great Wall Motor (GWM) terus melakukan ekspansi ke beberapa negara untuk memperluas jajahannya di segmen mobil listrik.

Kabar terbarunya, brand asal Tiongkok ini sedang melakukan penetrasi pasar lewat kehadiran GWM Tank 500 yang bakal menjadi rival utama Land Cruiser.

Hal tersebut diperkuat lewat spyshoot yang diunggah oleh Drive Australia, di mana mereka mendapatkan foto tersebut dari salah satu pembacanya.

Dalam foto yang beredar ini, GWM Tank 500 masih dilapisi kamuflase full bodi dengan menggunakan plat nomor dari Negara Bagian Victoria.

Jika memperhatikan dari dimensi serta lekukannya, ditambah dengan grill khas dari GWM, memperkuat bahwa produsen mobil ini sedang melakukan uji jalan di kota tersebut.

Menanggapi kabar tersebut, GWM memberikan tanggapan atas pertanyaan yang dikirim oleh media tersebut. Dalam balasan suratnya, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa pihaknya masih mempertimbangkan untuk merilis GWM Tank 500 di Australia.

"Tank 500 sedang dipertimbangkan tetapi belum dikonfirmasi pada tahap ini untuk pasar ini. Namun, mengingat kami memiliki contoh di sini yang sedang dievaluasi, ini menunjukkan kepada Anda betapa seriusnya kami mempertimbangkannya untuk Australia," tulis pernyataan GWM.

Di atas kertas, Tank 500 ini ditawarkan dalam penggerak empat roda dengan menghadirkan tiga perbedaan penguncian, yakni depan, tengah dan belakang.

Model ini juga telah dipersenjatai dengan 11 mode berkendara, meskipun belum ada informasi resmi terkait spesifikasi yang bakal mereka tanamkan di pasar Australia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mitsubishi Indonesia Pastikan Mobil Listrik Minicab MiEV Siap Dipasarkan Akhir 2023

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) siap meluncurkan kendaraan niaga listrik Mitsubishi Minicab MiEV. Model ramah lingkungan terbaru dari pabrikan asal Jepang ini, juga akan dilakukan produksi secara lokal.

"PT MMKSI akan mempersiapkan peluncuran mobil niaga listrik Minicab MiEV akhir tahun atau awal tahun depan," jelas ujar Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI, di sela-sela peresmian dealer Mitsubishi Motors SUN Matraman, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Lanjut Atsushi Kurita, Minicab MiEV akan diproduksi di produksi di fasilitas Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

"Ini akan diproduksi di Karawang, dan ditujukan untuk market yang bisnis," tegas Atsushi Kurita.

Dengan bakal dimulainya produksi mobil listriknya tersebut, sekaligus menandakan untuk pertama kalinya kendaraan Mitsubishi Motors diproduksi secara lokal di luar Jepang.

Langkah tersebut juga menandai Mitsubishi sebagai jenama otomotif Jepang pertama yang memulai produksi lokal untuk kendaraan listrik bertenaga baterai.

Minicab MiEV dilengkapi motor elektrik dengan kekuatan 30 kW atau setara 40 tk, dengan dimensi panjang 3.395mm, lebar 1.475mm, tinggi 1.810mm, 2.390mm, dan jarak antar roda (wheelbase) 2.390mm.


Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19
Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya