PT TKDN Kembangkan Teknologi IoT untuk Optimalkan Ekosistem Kendaraan Listrik

PT TKDN berencana mengembangkan teknologi IoT untuk pengawasan dan pemantauan kendaraan listrik serta pengembangan ekosistem charging (charging station) untuk mendukung pemanfaatan kendaraan listrik di Indonesia.

oleh Amal Abdurachman diperbarui 09 Agu 2023, 17:02 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2023, 17:02 WIB
PT TKDN Kembangkan Teknologi IoT untuk Optimalkan Ekosistem Kendaraan Listrik
PT TKDN Kembangkan Teknologi IoT untuk Optimalkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Liputan6.com, Jakarta PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mewujudkan ekosistem kendaraan motor berbasis listrik.

PT TKDN bersama Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta melakukan seremoni peresmian kerja sama unit motor listrik merk Selis Agats Patroli untuk kendaraan operasional Dishub yang sudah dimodifikasi dengan box penyimpanan, lampu strobo dan sirine patroli di Cikupa,Tangerang.

“Kegiatan serah terima ini adalah tahap awal bagi PT TKDN, sebagai wujud komit menperusahaan dalam mendorong smart city, salah satunya memanfaatkan kendaraan listrik yang terintegrasi dengan IoT,” ungkap David Santoso selaku Direktur Utama PT TKDN.

PT TKDN berencana mengembangkan teknologi IoT untuk pengawasan dan pemantauan kendaraan listrik serta pengembangan ekosistem charging (charging station) untuk mendukung pemanfaatan kendaraan listrik di Indonesia.

Dalam hal solusi pemantauan dan keselamatan Armada, PT TKDN memiliki layanan TAM FLeet yaitu Fleet Management System dan perangkat IoT untuk Armada, yaitu:

  • Vehicle Planning & Scheduling yang dapat membantu armada memaksimalkan perencanaan, penjadwalan, dan pengoperasian sistem transportasi sehingga meningkatkan efisiensi antar tim, memberikan informasi dengan cepat saat terjadi kerusakan, dan menurunkan biaya perawatan.
  • Real Time Dashboard dan Executive and Operational Dashboard untuk pengawasan secara real-time.
  • Digital reconciliation, yakni dokumentasi pelanggaran pada dashboard dan perhitungan rekonsiliasi secara digital.
  • Driving-anomaly alert, pemberitahuan secara real-time terkait penyimpangan perilaku pengemudi sebagai pencegahan dan evaluasi.
  • Teknologi AI yang dapat memantau perilaku penumpang di dalam armada untuk menghitung jumlah penumpang secara real-time, serta mengidentifikasi medan jalan dengan tingkat akurasi hingga 95% untuk meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas. Perangkat IoT ini terintegrasi dalam satu dasbor yang menggunakan big data analysis sehingga diklaim lebih akurat.

186 Motor Listrik Selis Agats Jadi Kendaraan Patroli Dishub DKI Jakarta

PT Juara Bike sebagai produsen motor listrik Selis resmi menyerahkan 186 unit Agats untuk Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Kerja sama pengadaan roda dua ramah lingkungan untuk patroli ini juga menggandeng PT Teknolgi Karya Digital Nusa (TKDN).

Selis Agats Patroli sendiri merupakan motor listrik hasil modifikasi resmi dari Selis. Sesuai Namanya, motor listrik ini memang ditujukan untuk kegiatan berpatroli yang akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan.

Selis Agats Patroli ini mempunyai kecepatan 65 km/jam dengan jarak tempuh 60 km. Motor listrik ini dibekali baterai Lithium 72 Volts 23 Ah. Dengan dinamo 2.000 Watt, motor listrik Agats ini memang sudah bertenaga dan cocok di semua medan.

"Dengan menggunakan motor listrik Selis Agats Patroli ini, Dinas Perhubungan tentunya ikut mengurangi polusi di Indonesia dan terus menjadikan langit semakin biru," ujar Syafrin Lupito, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, saat penyerahan 186 unit Selis Agats Patroli, di Cikupa, Tangerang, Selasa (8/8/2023).

Motor listrik Agats edisi patroli dengan tampilannya yang gagah dengan menambahkan beberapa aksesoris tambahan.

"Motor ini, juga sudah dilengkapi dengan STNK dan BPKB layaknya kendaraan pada umumnya sehingga bisa dipakai di jalan raya," tambah Wilson Teoh Direktur Operasional PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (Selis).

Selis Agats edisi Patroli ini juga dimodifikasi oleh Selis sehingga memiliki tambahan ruang penyimpanan di bagian belakang, yaitu box. Ada pun box yang digunakan adalah Givi yang masing-masingnya memiliki kapasitas 22 liter dengan berat kurang lebih 2,5. 

Infografis Obesitas
Arya Permana, salah satu contoh kasus obesitas yang mengkhawatirkan (liputan6.com/Tri yasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya