Hyundai Ioniq 6 Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga Rp 1,197 Miliar

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan mobil listrik terbarunya, Ioniq 6

oleh Arief Aszhari diperbarui 14 Agu 2023, 18:10 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2023, 17:02 WIB
Hyundai Ioniq 6 Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga Rp 1,197 Miliar  (Arief A/Liputan6.com)
Hyundai Ioniq 6 Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga Rp 1,197 Miliar (Arief A/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan mobil listrik terbarunya, Ioniq 6 di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Peluncuran roda empat ramah lingkungan anyar ini, makin mengukuhkan pabrikan asal Korea Selatan ini sebagai game changer industri otomotif Indonesia.

WooJune Cha, President Director of HMID mengatakan, Ioniq 6 hadir sebagai langkah nyata Hyundai untuk memperkuat kepemimpinannya dalam elektrifikasi kendaraan dan solusi mobilitas cerdas.

"Hadirnya Ioniq 6 menjadi bagian dari upaya berkelanjutan kami dalam mendukung pemerintah untuk mendorong percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia," jelas WooJune Cha, di sela-sela peluncuran Ioniq 6 di GIIAS 2023, ICE, BSD, Tangerang, Senin (14/8/2023).

Mengusung konsep Electrified Streamliner dengan tampilan yang sporty dan modern, Ioniq 6 menawarkan solusi mobilitas cerdas dengan desain eksterior yang sleek dan futuristis.

Terinspirasi dari bentuk kepompong (cocoon), Hyundai Ioniq 6 dirancang untuk mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan pengguna. Menggunakan platform E-GMP yang telah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan maksimal di dalam kendaraan, mobil listrik ini memiliki wheelbase sepanjang 2.950 mm yang membuat interior kendaraan lebih lapang dibanding model BEV lainnya.

Secara keseluruhan, dimensi mobil listrik Ioniq 6 berukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta ground clearance 141 mm yang menawarkan kenyamanan dan kestabilan selama perjalanan.


Spesifikasi

Hyundai Ioniq 6 Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga Rp 1,197 Miliar  (Arief A/Liputan6.com)
Hyundai Ioniq 6 Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga Rp 1,197 Miliar (Arief A/Liputan6.com)

Pengembangan arsitektur E-GMP pada IONIQ 6 menawarkan peningkatan signifikan terhadap kenyamanan berkendara secara keseluruhan, baik dari segi performa maupun jarak tempuh.

Berbekal baterai 77,4 kWh dan menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, Ioniq 6 mampu menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm.

Tenaga maksimal pun memungkinkan Ioniq 6 mampu melaju dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 km/jam.

Hyundai Ioniq 6, didukung dengan fiturfitur Electronic Stability Control (ESC) yang meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill-start Assist Control (HAC), Multi Collision-Avoidance Brake (MCB), Traction Control System (TCS), dan Vehicle Stability Management (VSM).

Tak ketinggalan, terdapat fungsi-fungsi penunjang lainnya seperti Emergency Stop Signal (ESS), Manual Speed Limit Assist (MSLA), Parking Distance Warning - Forward/Side/Reverse (PDW-F/S/R), Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), dan Virtual Engine Sound System (VESS).

Hyundai Ioniq 6 dijual dengan enam pilihan warna, yaitu Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Grey Matte, Biophilic Blue Pear dengan banderol Rp 1,197 miliar (OTR Jakarta).


Peluncuran Hyundai Stargazer X

Hyundai Stargazer X
Hyundai Stargazer X. (Liputan6.com/Amal Abdurachman)

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) meluncurkan Stargazer X di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023 yang bertempat di ICE BSD City, Tangerang, Banten. Hyundai membandrol model terbaru ini dengan harga mulai Rp 325 jutaan.

"Hyundai dengan bangga meluncurkan Stargazer X sebagai kendaraan yang bisa menjawab kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap kendaraan dengan fitur superior hingga spesifikasi canggih yang memiliki interior luas, mewah, dan nyaman untuk memaksimalkan performa berkendara yang dinamis," ungkap Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia.

Menurut Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Stargazer X mengusung konsep Unleash the X in You dengan desain terinspirasi dari aspirasi pelanggan Indonesia.

Stargazer X tersedia dalam dua warna yang unik. Jaesup Park, Senior Designer, Exterior Design Team Hyundai Motor Company, menjelaskan, "Stargazer X memperkenalkan wama eksterior matte kepada pasar Indonesia untuk pertama kalinya, yaitu Optic White Matte dan Gravity Gold Matte. Warna-warna ini memberikan sentuhan kepercayaan diri dan kekuatan untuk menarik perhatian."

Hyundai Stargazer X mengadopsi mesin smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang menghasilkan tenaga 115ps/6.300 rpm dengan torsi puncak 143,8Nm/4.500 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui Intelligent Variable Transmission (IVT). Transmisi ini diklaim dapat meningkatkan efisiensi mesin agar penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Infografis 10 Kota Dunia dengan Kualitas Udara yang Buruk akibat Polusi
Infografis 10 Kota Dunia dengan Kualitas Udara yang Buruk akibat Polusi
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya