Kesuksesan MotoGP Mandalika Pacu Sektor Ekonomi dan Pariwisata Indonesia

Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesia GP) 2023, di Sirkuit Mandalika, 13 hingga 15 Oktober 2023 sukses digelar

oleh Arief Aszhari diperbarui 19 Okt 2023, 14:07 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2023, 14:07 WIB
Sukses MotoGP Mandalika Pacu Sektor Ekonomi dan Pariwisata Indonesia (ist)
Sukses MotoGP Mandalika Pacu Sektor Ekonomi dan Pariwisata Indonesia (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesia GP) 2023, di Sirkuit Mandalika, 13 hingga 15 Oktober 2023 sukses digelar. Penyelenggaraan balap motor paling bergengsi di dunia ini diklaim berjalan sukses dan mampu melampaui target yang telah ditetapkan.

MotoGP Mandalika ini, mampu menarik 103 ribu penonton, dan jauh di atas target sebanyak 80 ribu pengunjung.

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengatakan sebuah kebanggaan bagi Indonesia kembali berhasil menggelar ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Menurutnya, ini adalah pembuktian kepada dunia bahwa Indonesia mampu menghadirkan event sekelas MotoGP dengan sukses.

"Penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 berjalan dengan baik dan benar tanpa ada catatan berarti dari FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) dan Dorna. Para pembalap pun menyampaikan langsung bahwa kualitas sirkuit di Mandalika sangat baik, bahkan menjadi salah satu yang terbaik dari seluruh seri," ujar Priandhi, dalam keterangan resmi.

Kesuksesan MotoGP Indonesia 2023 juga tak hanya diraih dari aspek balapan saja, tetapi juga kontribusi terhadap ekonomi dan pariwisata.

Dengan penyerapan ribuan tenaga kerja lokal NTB serta bergeliatnya industri pariwisata setempat menjadi katalis positif bagi perekonomian daerah yang akhirnya turut menunjang perekonomian nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gengsi Indonesia

Berbagai proses persiapan, pelaksanaan hingga berakhirnya ajang balap Indonesian GP 2023 di Sirkuit Mandalika tak lepas dari dukungan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga badan swasta. Official sponsor untuk ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 antara lain Pertamina, BNI, Mandiri, PLN, BTN, Semen Indonesia Group, BRI, BSI, Telkom Indonesia, Telkomsel, Taspen, Pupuk Indonesia, MIND ID, Jasaraharja, Jasamarga, Aprilia, AHM, dan Helm KYT.

Presiden Direktur Dyandra & Co. Daswar Marpaung mengungkapkan kesuksesan penyelenggara Indonesian GP 2023 turut mengangkat gengsi Indonesia di mata dunia.

Menurutnya, hal tersebut merupakan kontribusi bersama para pihak yang telah mendukung event ini, termasuk para penonton yang hadir langsung di Sirkuit Mandalika.

“Dinilai dari persiapan dan pencapaian kita semuanya on target. Pastinya tidak ada yang sempurna, namun catatan-catatan yang sebenarnya sangat minim akan kami jadikan penyemangat untuk gelaran tahun depan yang pastinya jauh lebih baik lagi,” ujarnya.

Motogp
Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya