Deretan Vespa Edisi Spesial yang Cocok untuk Dikoleksi

Vespa menjadi skutik yang begitu digemari di Indonesia. Maka tak heran jika Piaggio Indonesia banyak menghadirkan model Vespa, termasuk varian khusus yang ditawarkan dalam jumlah terbatas

oleh Tim Otomotif diperbarui 19 Des 2023, 16:05 WIB
Diterbitkan 19 Des 2023, 16:05 WIB
Lihat Lebih Dekat Tampilan Vespa Batik Edisi Spesial, Berapa Harganya?
Vespa Batik pertama dalam sejarah, intip tampilan dan harganya. (Dok/Vespa).

Liputan6.com, Jakarta - Vespa menjadi skutik yang begitu digemari di Indonesia. Maka tak heran jika Piaggio Indonesia banyak menghadirkan model Vespa, termasuk varian khusus yang ditawarkan dalam jumlah terbatas.

Bicara soal edisi spesial, ada beberapa model yang ditawarkan. Model ini dirancang secara eksklusif sehingga terlihat berbeda dibanding tipe regulernya.

Berikut ini Vespa edisi spesial yang sedang ditawarkan oleh Piaggio Indonesia:

Vespa LX 125 i-Get Batik Edition

Ada pula LX 125 i-Get Batik Edition. Kehadirannya sekaligus menandai dimulainya produksi motor Vespa buatan Cikarang. Skuter edisi khusus ini sangat kental nuansa Indonesia.

Bisa dilihat dari warna Green Relax yang dibalut dengan desain batik khas Indonesia. Motif kearifan lokal tampak di area dasi, kompartemen depan, pijakan kaki, hingga buritan tepong Vespa.

Selain itu, setiap pembelian sudah termasuk top box dan helm bermotif batik yang selaras dengan motor. Tak ketinggalan terpasang badge plat "Vespa Batik" dan jok berlapis kulit sintetis warna coklat yang membuat dirinya eksklusif.

Urusan performa dan fiturnya serupa dengan LX 125 reguler. Membawa mesin berkapasitas 124,5 cc, 4 langkah, silinder tunggal dengan 3 katup.

Tenaga maksimalnya bisa mencapai 10 Hp pada 7.600 rpm dan torsi maksimal 10,2 Nm di putaran 6.000 rpm. Namun harga jualnya lebih mahal yakni Rp77 juta OTR DKI Jakarta.

Vespa 946 Exclusive Limited Edition

Vespa 946 10° Anniversario hadir sebagai perayaan satu dekade Vespa 946. Unit edisi terbatas mengadopsi corak ikonis kelinci yang diambil dari kalender lunar 2023. Versi eksklusif ini menjadi karya pertama dari serangkaian koleksi lain untuk 12 tahun mendatang yang mewakili setiap horoskop.

Didesain sedemikian rupa untuk menyemarakkan tahun kelinci yang menjadi simbol dan pertanda kedamaian, kesejahteraan, dan penghargaan terhadap masa lalu. Unit eksklusif dijual terbatas, hanya ada 1.000 unit di seluruh dunia. Harganya fantastis, Rp260 juta OTR DKI Jakarta.

Hanya ada satu pilihan warna, yaitu Verde 10° Anniversario. Warna hijau tampak soft dan elegan. Cat pearlescent terlihat seperti warna pastel pada pandangan pertama, namun semakin terlihat tajam dengan pencahayaan. Siluet khas bercorak kelinci tampak jelas di bagian depan maupun belakang.

Bagian detailnya dibuat secara eksklusif. Terdapat Worldwide badge khusus yang menandakan unit produksi 0/1000. Lalu ada Vespa 946 “Bunny 10° Anniversario Limited Edition Signature di bawah jok.

Dilengkapi sadel berlapis ganda warna hitam dengan detail jahitan. Dikerjakan menggunakan tangan dengan jarum dan benang. Hal serupa juga dilakukan terhadap pegangan tangan pada motor ini.

Bicara mesin, Vespa 946 10° Anniversario dibenamkan jantung pacu yang serupa dengan 946 Armani, RED maupun Dior. Rangkanya menggendong mesin 150 cc, 3 katup, silinder tunggal, pendingin udara, dan berpengabut injeksi.

Vespa mengklaim, motor ini bisa meraih kecepatan puncak sampai 96 km/jam. Tenaga yang dihasilkan mencapai 12 Hp di 8.250 rpm dan torsi 12 Nm pada 6.750 rpm.

Sementara untuk fitur, sudah dilengkapi dengan lampu LED dan speedometer full digital. Dalam hal keamanan, ia punya modal 220 mm disc brake di kedua roda, ABS dual channel, dan sistem kontrol traksi elektronik ASR. Pelek berukuran 12 inci yang dibungkus ban 120/70 depan dan 130/70 belakang.

Buat peredam kejut depannya pakai single arm with coil spring and single shock absorber. Belakangnya single hydraulic shock absorber with preload adjustable 5 position.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Vespa Primavera Mickey Mouse Edition

Piagio Hadirkan Edisi terbatas Vespa Mickey Mouse (ist)
Piagio Hadirkan Edisi terbatas Vespa Mickey Mouse (ist)

Piaggio Indonesia mendatangkan Vespa x Disney ke Tanah Air. Unit terbatas merupakan Primavera Mickey Mouse Edition. Dijual Rp60,2 juta OTR DKI Jakarta.

Disney Mickey Mouse Edition by Vespa diciptakan dalam rangka memperingati ulang tahun Disney ke-100.

Dengan menggunakan basis Vespa Primavera, edisi terbatas dirancang sebagai sebuah penghargaan untuk karakter tikus paling dicintai di dunia.

Vespa Primavera dilabur warna khas Miki tikus: hitam, merah, putih, dan kuning. Nuansa yang menjadi ciri khas karakter tikus terkenal milik Walt Disney selama beberapa dekade.

Panel bodi didominasi blok warna hitam solid. Diartikan sebagai pakaian yang biasa dikenakan. dan cover spion juga dicat hitam metalik layaknya telinga besar karakter tikus. Pola grafis putih yang menggambarkan siluet karakter menghiasi shield depan kendaraan dan kedua sisi roda dua.

Fender depan dan list rodanya diberi warna kuning, sama seperti sepatu Mickey. Tak kalah menarik, tersemat tanda tangan Mickey Mouse di sadel dan sisi depan kendaraan. Selain itu, terdapat sentuhan chrome pada beberapa detail membuat penampilan kendaraan semakin menawan.

Untuk bagian dapur pacu hingga fitur masih mengandalkan Primavera regular. Mengemas mesin 154,8 cc, 1-silinder, 4-tak, 3-katup, pendingin udara, pengabut injeksi, Euro 3, dan berteknologi i-get. Racikan ini mampu hasilkan tenaga maksimal 11,6 Hp di 7.500 rpm dan torsi puncak 12 Nm di 5.000 rpm.

Sistem peredam di haluan depan menggunakan model Single arm pegas spiral yang dikombinasi dengan peredam belakang tipe tunggal dengan 4 setingan preload. Terkait dimensi, memiliki lebar 695 mm, tinggi 1.863 mm, wheelbase 1.334, dan tinggi jok di 790 mm. Adapun kapasitas tangki BBM-nya adalah 7 liter.

Urusan pengereman roda depan mengemas cakram tunggal 220 mm dan tromol 140 mm di belakang. Sistem deselerasi dari motor ini sudah ditunjang dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) 1 sensor.

Terkait fitur, motor ini sudah sudah mengusung penerangan LED pada lampu depan serta belakang, dermaga pengisian gawai model USB Port, hingga ruang bagasi utama 24 liter yang sanggup menampung 1 buah helm model open face.

Sumber: Oto.com

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya