Caplok Aito dari Huawei, Seres Gelontorkan 344 Juta Dolar AS

Produsen mobil listrik Seres membeli hak dagang dan paten Aito dari Huawei dengan nilai 344 juta dolar AS. Langkah ini diharapkan memperkuat strategi Seres untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.

oleh Tim Otomotif diperbarui 05 Jul 2024, 16:11 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 16:11 WIB
Aito
Mobil listrik Aito M9.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen mobil listrik Seres membeli hak dagang dan paten Aito dari Huawei dengan nilai 344 juta dolar AS. Langkah ini diharapkan memperkuat strategi Seres untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Aito sendiri beroperasi di bawah HIMA (Harmony Intelligent Mobility Alliance). Perusahaan ini melibatkan Huawei dalam berbagai aspek termasuk desain, produksi, penjualan, dan layanan purnajual.

Namun tidak memproduksi mobil itu sendiri. Didirikan pada tahun 2021, Aito terus menerima tanggapan positif di Tiongkok.

Akuisisi oleh Seres termasuk 919 paten yang terdaftar atau dalam proses pendaftaran, serta 44 paten desain milik Huawei. Namun, transaksi ini hanya bertujuan untuk transfer kepemilikan dan tidak mempengaruhi operasi Aito.

Ini bukan pertama kalinya bagi Huawei, yang sebelumnya telah mentransfer merek dagang Stelato ke BAIC New Energy dan Luxeed ke Chery.

Langkah ini dirancang untuk memudahkan Aito dalam memasuki pasar global di luar Tiongkok. Sejak didirikannya HIMA, Huawei secara konsisten menyatakan bahwa mereka tidak memproduksi mobil.

Namun, kepemilikan merek oleh perusahaan otomotif akan sangat mendukung upaya pemasaran.

Untuk diketahui, Aito telah menjadi merek terlaris di bawah HIMA, dengan penjualan mencapai 46.141 unit pada bulan Juni. Yang menarik, model Aito yang paling mahal justru laris manis.

Mobil listrik Aito M9 terjual sebanyak 17.241 unit dan M7 sebanyak 18.493 unit, sementara model M5 yang lebih kecil dan lebih murah hanya terjual 7.046 unit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sepak Terjang Seres

Di Indonesia, Seres telah mulai beroperasi dengan mereknya sendiri. Mereka memulai debut dengan mobil listrik E1 sebagai kompetitor Wuling Air EV.

Tahun ini, Seres Indonesia berencana memperkuat posisi mereknya dengan meluncurkan rangkaian produk baru.

Mereka akan memanfaatkan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, yang akan berlangsung dari 18 hingga 28 Juli di ICE BSD City, untuk memperkenalkan SUV yang kemungkinan adalah M9 dan M7.

Bisa jadi ada perubahan nama, mengingat Seres 7 telah diperkenalkan sebelumnya di IIMS 2024 Surabaya.

Sumber: Oto.com

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya