3.374 Kendaraan Listrik Toyota Dukung Olimpiade Paris 2024

Toyota sediakan 3.374 unit kendaraan elektrifikasi (xEV) untuk mendukung mobilitas para atlet, staf, relawan, media, dan penonton Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

oleh Arief Aszhari diperbarui 07 Agu 2024, 14:27 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 14:27 WIB
Toyota Sediakan 3.374 Kendaraan Listrik Dukung Olimpiade Paris 2024 (ist)
Toyota Sediakan 3.374 Kendaraan Listrik Dukung Olimpiade Paris 2024 (ist)

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyediakan 3.374 unit sustainable mobility vehicles yang terdiri dari berbagai jenis kendaraan elektrifikasi (xEV) untuk mendukung mobilitas para atlet, staf, relawan, media, dan penonton Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

Langkah tersebut, juga dilakukan sebagai bentuk kolaborasi yang kuat antara Toyota dan penyelenggaraan Olimpiade. Selain itu, Toyota juga mengumumkan kampanye Start Your Impossible, untuk mendukung 11 atlet Asia dalam perjalanan meraih prestasi olahraga tertinggi di dunia.

"Melalui inisiatif Beyond Zero, Toyota berkontribusi terhadap Paris Games 2024 Goal untuk mengurangi setengah emisi karbon dibandingkan event olimpiade sebelumnya," jelas Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, dalam keterangan resmi, Rabu (7/8/2024).

Di Olimpiade Paris 2024 dan Paralimpiade Paris 2024, Toyota mendemontrasikan 700 personal dan group mobility products untuk memberikan kemudahan bergerak.

Toyota menyediakan 250 unit C+walkS (duduk) dan C+walkT (berdiri), sebuah Personal Battery Electric Vehicle dengan kecepatan maksimum 6 km/jam untuk mobilitas personal di area terbatas. Serta dilengkapi Front Obstacle Detection System memberikan keselamatan bagi pengemudi dan orang di sekitarnya.

Toyota menyediakan 200 unit e-puller, kursi roda bertenaga listrik untuk memastikan para atlet memiliki akses yang mudah. Sekitar 250 unit Accessible People Movers (APM) yang zero emission, dikerahkan untuk mendukung mobilisasi peserta penyandang disabilitas fisik.

Kendaraan listrik ini digunakan sebagai shuttle utama di komplek Atlet Olimpiade dan Paralimpiade serta lokasi pertandingan. Sebanyak 150 unit BEV Toyota Proace Verso yang dapat diakses kursi roda, akan tetap berada di Paris setelah Olimpiade untuk digunakan oleh masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Strategi Multi Pathway

Jalankan Multi Pathway Strategy, Toyota membawa 2.674 unit kendaraan penumpang fully electrified ke ibukota Prancis. Dengan emisi nol, sekitar 60 persen armadanya merupakan BEV Toyota bZ4X, Proace dan Proace Verso dan Lexus RZ, serta Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) Toyota Mirai yang menggunakan bahan bakar hidrogen yang tentunya zero emission. Bekerja sama dengan Air Liquide, armada Toyota Mirai diisi bahan bakar hidrogen dari sumber terbarukan.

Meyakini bahwa hidrogen adalah salah satu kunci dalam mewujudkan low-carbon world, Toyota menyajikan visinya dalam menciptakan ekosistem hidrogen yang berkelanjutan.

Selaras dengan inisiatif Beyond Zero, 10 jenis moda transportasi bertenaga hidrogen akan dipamerkan di Paris 2024, termasuk dua bus FCEV yang dikonversi khusus untuk aktivitas di arena olimpiade. Ditambah truk FCEV, forklift FCEV, perahu FCEV, gerbong kereta FCEV, serta prototipe Hilux FCEV.

Infografis Mobil Dinas Pimpinan KPK Jadi Sorotan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mobil Dinas Pimpinan KPK Jadi Sorotan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya