Harga Lebih Murah dari Denza D9, BYD Xia Siap Bersaing di Pasar MPV

Setelah mendaftar di MIIT, BYD resmi meluncurkan MPV terbarunya, BYD Xia. Kendaraan bertipe PHEV itu dinilai lebih terjangkau dari Denza D9 yang sudah menjadi MPV termurah di jajaran BYD.

oleh Rendy Yansah diperbarui 19 Okt 2024, 06:15 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2024, 06:15 WIB
BYD Xia
BYD meluncurkan MPV Xia yang siap bersaing di pasar Tiongkok. (Carsnewschina/Rendy Yansah)

Liputan6.com, Jakarta - BYD mengajukan pendaftaran ke Ministry of Industry and Information Technology (MIIT) untuk model MPV terbarunya, BYD Xia

Sebelumnya, kendaraan berjenis PHEV ini sudah diluncurkan lebih dulu di ajang pameran mobil terbesar di China, Chengdu 2024, yang dihelat pada 30 Agustus hingga 8 September 2024.

Dikutip dari Carsnewschina pada Jumat (18/10/2024), raksasa kendaraan listrik asal Tiongkok itu sudah membuka pre-order Xia pada September, dengan harga Rp 627 juta.

Model baru ini mengadopsi desain “Dragon Face” yang merupakan ciri khas dari seri Dynasty. MPV ini juga sudah dibekali teknologi canggih DM generasi kelima dari BYD serta sistem pengemudi cerdas DiPilot.

Melanjutkan desain “Dragon Face”, dari segi eksterior pada gril depan, membentuk garis-garis seperti “Kumis Naga”. Tak cuma itu, garis-garis depannya sengaja di cat dengan warna kontras, sehingga memunculkan efek 3D pada grilnya.

Emblem Xia yang bertuliskan aksen China diperlihatkan dengan jelas pada palang horizontal di bagian depan. Sementara bagian samping, gagang pintu depan dan belakang sudah disatukan.

Di belakang, terlihat logo BYD yang berada di bawah lampu horizontal melingkar, sesuai dengan khas seri Dynasty. Di bagian bawah pintu belakang juga tertera emblem Xia.

MPV yang memiliki roda standar berukuran 18 inci ini mempunyai dimensi panjang 5,1 m, lebar 1,9 m, dan tinggi 1,8 m, dengan jarak sumbu roda 3 m.

BYD juga menyediakan fitur opsional bagi para pelanggan, termasuk sunroof dengan kombinasi panorama, radar sisi depan, dan spoiler belakang beserta kamera.

Spesifikasi MPV BYD Xia

Soal fitur canggih, kendaraan ini sudah tersematkan Yunnian-C Intelligent Damping Control System, DiPilot Intelligent Driving Assistance System, dan DiLink 150 Smart Cockpit.

Dari sisi tenaganya, seperti yang disebutkan di atas, kendaraan ini dibekali teknologi DM generasi kelima BYD meliputi mesin 1,5 T,  yang dikawinkan dengan motor listrik.

Mesin itu mampu menghasilkan daya maksimum 115 kWh, sedangkan motor listriknya menghasilkan daya 200 kWh.

Berbicara penyimpanan daya, BYD menawarkan dua pilihan kapasitas baterai yakni 20,39 kWh yang dapat menempuh 80 km, dan versi 38 kWh dengan jarak tempuh lebih jauh 145 km. Konsumsi bahan bakar MPV ini terbilang irit, hanya 6,5 L per 100 km.

Sejak dibuka pre-order pada September, dengan harga Rp 627 juta, BYD Xia diposisikan berada di bawah model Denza D9 yang dinilai sebagai MPV termurah di jajaran BYD, dengan harga Rp 729 juta. D9 juga diklaim menjadi MPV terlaris di pasar Tiongkok pada 2023.

Setelah meluncur, kemungkinan Xia akan menggeser penjualan Denza D9, sekaligus bersaing dengan MPV di jajaran seperti Toyota Sienna dan Buick GL8.

Infografis

Infografis Otomotif Indonesia
Indonesia masih juarai penjualan mobil se-ASEAN (liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya