Pilkada Tangsel, Airin-Benyamin Diprediksi Menang?

Namun, jika kalangan menengah ke atas Tangerang Selatan sempat ke TPS, maka persaingan akan lebih ketat.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 09 Des 2015, 07:18 WIB
Diterbitkan 09 Des 2015, 07:18 WIB
pilkada
Airin Rachmi Diany (sumber: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat sekaligus CEO Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan, menganalisa pasangan petahana Airin Rachmy Diany-Benyamin Davnie masih merupakan kandidat kuat untuk memenangkan Pilkada Tangerang Selatan 2015.

"Saya lihat petahana masih kuat, karena didukung masyarakat menengah ke bawah dan juga kaum perempuan," kata Djayadi, di Jakarta, Rabu (9/12/2015).

Namun, kata dia, pada pencoblosan nanti akan tergantung pada partisipasi kalangan menengah ke atas Tangerang Selatan yang mencapai 30 persen.

"Kalau mereka bisa datang ke TPS (tempat pemungutan suara), mungkin pertarungan bisa ketat,” tambah Djayadi.

Airin-Benyamin merupakan pasangan yang diusung oleh 6 partai, yaitu Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).


Sementara, Pengamat Charta Politika Yunarto Wijaya juga memiliki analisa yang sama dengan Djayadi. Menurut dia, elektabilitas Airin lebih tinggi dibanding 2 pasangan calon ‎lainnya.

"Menang Airin. Pasangan lain masih jauh untuk mengejar," kata Yunarto.

Pasangan lain yang menjadi kompetitor Airin-Benyamin adalah Ikhsan Modjo-Li Claudia dan Arsid-Elvier Ariadiannie.

Ikhsan-Li Claudia didukung oleh Partai Demokrat dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Sedangkan Arsid-Elvier mengantongi dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Ketua Tim Media Airin yang juga Direktur Konsep Indonesia Very Muhlis Arifuzzaman mengatakan koalisi partai pendukung Airin-Benyamin solid untuk memenangkan pilkada ini. Sebab, pasangan ini didukung dengan infrastruktur politik yang kuat. Bahkan, hasil survei beberapa lembaga menunjukkan pasangan nomor 3 ini unggul.

"Saya lihat mereka sudah bekerja efektif sejak jauh hari, meski diterpa isu negatif di bawah tidak terjadi turbulensi pemilih," tandas Veri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya