KPU DKI Buka Pendaftaran Calon Independen Hari Ini

Ketua KPUD Jakarta Sumarno mengatakan pendaftaran yang dimaksud, menyerahkan bukti dukungan bagi bakal cagub yang maju independen.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 03 Agu 2016, 07:12 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2016, 07:12 WIB
4-ojek-pemilu-140202-d.jpg
Sebelum berkeliling, puluhan tukang ojek ini diberikan seragam jaket dan helm sekaligus menandakan mulainya tugas sebagai agen sosialisasi KPUD DKI (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta membuka pendaftaran bagi bakal calon kepala daerah yang maju melalui jalur independen hari ini, Rabu (3/8/2016).

Dalam surat pengumuman bernomor 289/KPUProv-010/VII/2016, penyerahan surat dukungan bakal pasangan calon perorangan dilaksanakan tanggal 3-7 Agustus 2016 pukul 08.00-16.00 WIB. Pendaftaran dapat langsung diserahkan ke Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya nomor 15, Jakarta Pusat.

Ketua KPUD Jakarta Sumarno mengatakan pendaftaran yang dimaksud adalah menyerahkan bukti dukungan, bagi bakal cagub atau wacagub yang maju di jalur independen.

Pendaftaran untuk menyerahkan bukti dukungan. Kalau pendaftaran calon, nanti bareng sama yang jalur parpol 19-21 September," ucap Sumarno kepada Liputan6.com.

Seperti dilansir di situs resmi KPU DKI, adapun syarat penyerahan dukungan itu harus minimal mendapat 532.213 surat dukungan untuk pasangan cagub dan cawagub. Dukungan tersebut harus tersebar minimal di 4 kabupaten/kota di Provinsi DKI Jakarta.

Penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon dilampiri fotokopi identitas kependudukan dan rekapitulasi jumlah dukungan dalam bentuk hardcopy dan softcopy.

Sampai saat ini belum ada calon gubernur independen yang diketahui akan mendaftar. Sementara calon gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok batal maju melalui jalur perorangan. Dia lebih memilih lewat partai di Pilkada DKI Jakarta.

"Gimana mau daftar, orang sudah putus (pilih parpol)," ujar Ahok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya