Ridwan Kamil: Unggul di Survei Bukan Untuk Ditepuktangan

Ridwan Kamil mengaku akan terus mendengarkan aspirasi masyarakat dalam setiap kampanye yang dilakukan.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 15 Mar 2018, 23:20 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2018, 23:20 WIB
Cagub Jabar Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Cagub Jabar Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Jakarta - Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menempatkan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) di angka 43,7 persen di Pilkada Jawa Barat. Angka itu menempatkan pasangan yang mempunyai sapaan RINDU itu unggul dari tiga pasangan lainnya.

Terkait survei itu, Ridwan Kamil mengaku tak mau berpuas diri. Namun, dia menjadikan hasil survei tersebut sebagai motivasi untuk terus bekerja lebih giat lagi memenangkan Pilkada Jabar.

"Alhamdulillah, namun kami tidak menganggap survei segalanya, kami akan menjadikan penyemangat untuk bekerja lebih baik lagi," ujar Ridwan Kamil saat berkampanye di Bogor, Kamis (15/3/2018).

Pria yang biasa disapa Emil itu mengatakan parameter survei bisa saja berubah di minggu-minggu berikutnya. Sehingga ia dengan tim akan bekerja lebih giat lagi.

"Elektabilitas tinggi itu bukan untuk ditepuktangani, tapi harus menjadi poin untuk bekerja lebih keras lagi," katanya.

Untuk itu, ia juga akan terus mendengarkan aspirasi masyarakat seperti yang dilakukan di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor.

Emil menilai mendengarkan aspirasi masyarakat tak cukup melalui medsos dan survei, namun harus turun ke lapangan.

"Seperti yang terjadi saat ini di Bogor, saya mendapatkan aspirasi masyarakat terkait pasar dan banyaknya pengangguran. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi saya ke depannya,” terang Ridwan Kamil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bersaing dengan Deddy Mizwar

Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Sebelumnya Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei elektabilitas empat pasangan calon kepala daerah Jabar.

Dari survei tersebut pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sementara ini unggul dengan dukungan 43,7 persen. Disusul Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 30,7 persen, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 4,6 persen dan TB Hasanuddin-Anton Charliyan 2,8 persen. Yang belum tahu sekitar 18,2 persen.

Survei dilakukan pada 1-8 Maret 2018 di Provinsi Jawa Barat, dengan melibatkan 801 responden yang terpilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei diperkirakan plus-minus 3,5 persen.

“M Ridwan Kamil lebih banyak dipilih karena dia dinilai punya kualitas personal yang lebih positif dibanding calon lain (lebih disukai)," ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani.

Menurut dia, secara spesifik, Ridwan Kamil unggul dalam berbagai citra kepribadian, seperti lebih jujur dan bersih, perhatian pada rakyat, mampu memimpin, pintar, kreatif, tegas, dan enak dipandang.

"Dalam citra ramah atau santun, Ridwan Kamil dinilai seimbang dengan Deddy Mizwar," ucap Deni

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya