Optimistis Menang, Ridwan Kamil Akan Peluk Wanita Ini 20 Detik

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil akan memantau langsung hasil quick count Pilkada Jabar 2018.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 27 Jun 2018, 12:17 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2018, 12:17 WIB
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berkampanye di Kabupaten Bandung Barat (Istimewa)
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berkampanye di Kabupaten Bandung Selatan (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil optimistis bisa memenangkan Pilkada Jawa Barat 2018. Untuk memastikan perolehan suaranya, Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil akan memantau langsung hasil quick count atau penghitungan cepat, hari ini, Rabu (27/6/2018).

Tim pemenangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menggelar quick count di Hotel Papandayan, Kota Bandung.

Emil menuturkan, quick count sangat penting dalam sebuah perhelatan Pilkada. Di mana penghitungan cepat menggunakan teknik yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

"Quick count penting karena tradisi ilmiah demokrasi yang harus kita jaga apapun hasilnya. Kita akan selalu menghormati, setiap kompetisi ada yang kurang sudah biasa, seperti yang saya pernah alami 5 tahun lalu. Mudah-mudahan yang terbaiklah," ujar Emil usai mencoblos di TPS 21, Kelurahan Cigadung, Kota Bandung, Rabu.

Rasa optimistis bisa memenangkan Pilkada mengacu pada hasil survei yang telah dirilis sejumlah lembaga.

"Kita hanya berdoa saja, ada lima survei terakhir yang kita berada di posisi baik. Mudah-mudahan ini terjaga sampai nanti di pengumuman," jelasnya.

Selain quick count, Emil menyatakan, peluang menambah suara berasal dari swing voter. Ia mengatakan, untuk meraih suara swing voter tidaklah mudah mengingat ada isu negatif yang dialamatkan kepada pasangan bertajuk Rindu ini.

"Ini berbasis isu negatif, kita sudah klarifikasi tadi malam lalu kita sudah maksimalkan dengan iklan yang banyak sekali. Insya Allah, kalau betul swing voter memilih kepada pasangan kami," ucap Ridwan Kamil. 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.


Pelukan 20 Detik

Saat ditanyakan langkah selanjutnya jika memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) nanti, Emil mengatakan, tak akan ada euforia.

"Kalau menang sepenuhnya tidak ada ritual khusus, biasanya digundul. Untuk Pilkada paling berpelukan 20 detik dengan istri, sambil berdoa dan sujud syukur. Istri saya luar biasa menemani jadi berbagi kebahagiaan," ungkapnya.

Namun apabila kalah, Emil mengaku akan tetap menjalin silaturahmi dengan gubernur terpilih.

"Tentu coba kontak satu-satu untuk meminta maaf, dan untuk kembali membangun Jabar masing-masing punya basis dukungan, kalau sudah menang tentunya itu siapapun gubernur seluruh rakyat Jabar," tutur Emil.

Untuk di Bandung sendiri, Emil mengaku optimistis akan menang. "Ini rumah saya sendiri, jadi optimis apalagi di rumah sendiri kalau dari pantauan bagus dan ukuran menyatakan itu," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya