LSI Denny JA: Airlangga Kandidat Kuat Cawapres, Ketum Parpol dan Kinerja Ekonomi

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menemukan dua alasan nama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi kandidat kuat untuk dilirik sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 12 Jul 2023, 09:59 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2023, 09:59 WIB
Jokowi Buka Raker Kementerian Perdagangan 2020
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menemukan dua alasan nama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi kandidat kuat untuk dilirik sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024.

Peneliti LSI, Hanggoro Doso Pamungkas mengatakan, Airlangga Hartarto merupakan ketum partai, yang bisa bisa menyokong elektabilitas calon presiden melalui mesin politiknya. Bahkan, Golkar merupakan salah satu partai terbesar di Indonesia.

"Airlangga memiliki sumber daya yang lebih kuat karena ia juga ketum partai besar, Golkar," kata dia sebagaimana dikutip pada Rabu (12/7/2023).

Selain itu, pria yang kini menjabat sebagai Menko Perekonomian itu juga terbukti memiliki kinerja mumpuni.

Menurut Hanggoro, hal ini sudah dibuktikan Airlangga setelah ditunjuk Presiden Jokowi untuk menakhodai Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dalam menyelesaikan hantaman pandemi Covid-19.

Dia menilai, Airlangga juga sukses menjaga dibeberapa sektor perekonomian Indonesia, salah satunya menjalankan stabilitas pembangunan di tengah krisis ekonomi global.

"Airlangga Hartarto Ketum Golkar yang juga kompeten soal isu ekonomi," ungkap Hanggoro.

Ia menambahkan, selain nama Airlangga, sosok kandidat cawapres kuat lainnya adalah anak buah Menko Airlangga Hartarto, Erick Thohir. Ia saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN.

Hanggoro mengatakan, Erick juga kompeten dalam isu ekonomi.

"Bukan hanya Airlangga saja, tapi Erick Thohir juga dianggap cukup kompeten karena yang bersangkutan pengusaha dan menjabat sebagai menteri (Menteri BUMN) yang dianggap cukup berpengalaman dalam isu ekonomi," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Golkar Akan Siapkan Calon

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat berbincang santai menyapa para alumni Program Kartu Prakerja dalam kunjungan kerja di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (16/6/2023). (Dok Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat berbincang santai menyapa para alumni Program Kartu Prakerja dalam kunjungan kerja di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (16/6/2023). (Dok Kemenko Perekonomian)

Sebelumnya, politikus Partai Golkar Supriansa mengatakan partainya akan segera menentukan arah langkah di pemilu 2024. Dia menyebut, dalam kurun waktu dua atau tiga bulan Partai Golkar juga akan memunculkan pasangan Ketua Umum Airlangga Hartarto di pilpres 2024.

"Tunggu 2-3 bulan ini Golkar akan muncul dengan pasangannya Airlangga bersama dengan siapa dan kita akan lihat nanti," kata Supriansa kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Supriansa mengatakan saat ini Airlangga Hartarto tengah menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai Menko Perekonomian di kabinet Jokowi. Dia meyakini kinerja yang diemban saat ini menjadi sinyal bahwa Airlangga layak menjadi pemimpin di pemilu 2024 mendatang.

"Olehnya itu Golkar tetap tenang menyelesaikan semua tugas-tugas yang diemban oleh Bapak Airlangga yang disampaikan oleh tentu oleh Bapak Presiden. Maka Insyaallah dengan tekad kinerja yang baik yang diperlakukan oleh Airlangga maka rakyat bisa melihat inilah calon pemimpin yang kami tunggu-tunggu," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya