Disukai Kawula Muda, Mampu Kembalikan Basis Pendukung Prabowo

Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menyebut perubahan demografi yang menyebabkan perubahan dalam segmentasi usia pemilih dinilai mampu mengembalikan basis suara Prabowo yang dulu hilang.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Agu 2023, 17:55 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2023, 17:46 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menghadiri forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 di Singapura, Sabtu (3/6/2023). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto saat ini menjadi sosok pemipin yang paling disukai oleh generasi muda Indonesia. Hal ini kemudian membuat menteri Pertahanan RI tersebut sebagai sosok capres terkuat dalam bursa Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Mengingat di Pilpres 2024 mendatang, berdasarkan data KPU diperkirakan jumlah pemilih muda menyentuh angka 53 hingga 55 persen.

Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menyebut perubahan demografi yang menyebabkan perubahan dalam segmentasi usia pemilih dinilai mampu mengembalikan basis suara Prabowo yang dulu hilang.

Hal itu menjadi salah satu penyebab meningkatnya elektabilitas Prabowo di berbagai lembaga survei, sekaligus menjadi bukti kembalinya sebagian pendukung Prabowo yang dulu sempat ke kubu Anies.

"Pemilih yang kecewa tersebut lambat laun sebagian mulai bergeser menjadi undecided voters, dan sebagian lagi sudah "balik kandang" menjadi pemilih Prabowo lagi," kata Igor.

Adapun dukungan dari kawula muda disebabkan kepemimpinan Prabowo yang berkarakter hingga bisa menjawab berbagai tantangan global dengan berbagai kerja nyata yang dimiliki. Hal ini membuat generasi muda Indonesia menjatuhkan pilhan kepada Ketum Gerindra tersebut untuk menjadi pemimpin selanjutnya di pemerintahan.

Terbukti dari beberapa hasil survei yang menempatkan Prabowo sebagai capres yang paling didukung oleh kalangan muda. Anak muda melihat Prabowo lebih bisa menciptakan stabilitas ekonomi dan memberikan lapangan pekerjaan sebagai pemimpin Indonesia ke depannya.

"Para pemilih dari kalangan Gen Z ini lebih melihat masa depan ketimbang masa lalu. Mereka juga lebih melihat kinerja daripada politik identitas atau pencitraan," ujar Igor.

 


Elektabilitas Prabowo

Terbukti, menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, Prabowo berhasil menempati posisi teratas di kalangan Gen Z dengan toreha angka sebesar 40,5 persen. Sedangkan di kalangan Milenial, Prabowo mendapat suara sebesar 37,1 persen.

Itu membuktikan Prabowo merupakan capres yang paling diminati oleh kalangan muda. Prabowo menjadi pemimpin yang mampu menjawab dan merealisasikan harapan putra-putri bangsa di masa depan.

"Anak muda kita memandang bahwa Prabowo lebih bisa menciptakan stabilitas ekonomi dan lapangan kerja menuju Indonesia emas 2024," pungkas Igor.

Infografis Harapan Prabowo & Muhaimin Pasca-Peresmian Sekber Gerindra-PKB. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Harapan Prabowo & Muhaimin Pasca-Peresmian Sekber Gerindra-PKB. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya