Sosok Humanis, Dorong Elektabilitas Prabowo Jelang Pilpres 2024

Sosok humanis yang saat ini ditonjolkan Prabowo Subianto menjadi daya tarik semua kalangan masyarakat dan juga elite politik untuk mendukung pada kontestasi demokrasi mendatang.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Agu 2023, 19:14 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2023, 13:14 WIB
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto haidr acara puncak peringatan 1 Abad NU di Sidoarjo (7/2/2023). (Foto: Tim Media Prabowo Subianto).

Liputan6.com, Jakarta - Sosok humanis menjadi salah satu faktor pendorong elektabilitas Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Prabowo saat ini identik dengan figur ksatria, hingga legowo menjadi daya tarik oleh berbagai kelompok masyarakat.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul mengungkapkan adanya perubahan dalam diri Menteri Pertahanan tersebut turut serta mendongkrak perolehan elektabilitas.

“Citra itu dibangun oleh Prabowo, strategi kampanye dan komunikasi politik kepada publik yang adem itulah yang saya kira menjadi indikator penting, menjadi ciri penting mengapa Prabowo baik di mata publik di survei kali ini,” kata Adib, Sabtu 19 Agustus 2023.

Elektabilitas Prabowo belakangan terbukti melejit bila dibandingkan kandidat capres yang lain, seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Bahkan jika diadakan simulasi head to head, Prabowo kerap unggul dari kedua nama tersebut.

Seperti yang tersaji di dalam survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia periode 15-21 Juli 2023, menteri andalan dan terbaik Presiden Jokowi itu sukses mengungguli perolehan suara Ganjar dan Anies.

Dari survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia dengan simulasi head to head, Prabowo berhasil mengantongi keunggulan dari Ganjar. Prabowo berhasil mendapatkan angka 47,0 persen berbanding terbalik dengan yang didapatkan Ganjar dengan 39,6 persen.

Kemudian, bila Prabowo melawan Anies di dalam survei yang sama, Capres Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) itu terbukti mengantongi keunggulan yang signifikan. Prabowo mendapatkan dukungan sebesar 51,2 persen sedangkan Anies hanya 33,5 persen.

Sosok humanis yang saat ini ditonjolkan Prabowo Subianto memang menjadi daya tarik bagi semua kalangan masyarakat dan juga elite politik untuk mendukung pada kontestasi demokrasi mendatang. Prabowo yang semakin luwes dalam membuka ruang dialog dengan rakyat kecil, hingga milenial menjadi bukti perubahan total dibandingkan pada Pilpres 2014 dan 2019 silam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Strategi Prabowo

Tak hanya itu, Adib meyakini adanya strategi dan tingkah pola Prabowo yang tidak lagi menyerang lawan politiknya disinyalir menjadi nilai tambah baginya jelang Pemilu 2024 nanti.

“Strategi Prabowo yang tidak menyerang lawan politik, sampai hari ini kalau saya melihat itu juga menjadi salah satu kunci. Prabowo itu sudah tidak tipis kuping kasarnya seperti itu,” terang Adib.

“Tidak meledak-ledak, berbeda dengan 2014 dan 2019 strategi dengan dihantam kritik sana-sini tetapi dia tetap cool dan santai, itulah yang menunjukkan jiwa dia ksatria legowo, itu yang saya lihat,” ujarnya.

Infografis Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya