Sinyal Airlangga Hartarto, Golkar Dukung Gibran sebagai Cawapres Prabowo Subianto: Under 40

Airlangga Hartarto mengisyaratkan Golkar mendukung sosok calon wakil presiden yang berumur di bawah 40 tahun untuk Prabowo Subianto.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Okt 2023, 17:17 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2023, 17:17 WIB
Gibran-Prakosa Dapat Rekomendasi dari Golkar Maju di Pilkada Solo 2020
Gibran Rakabuming Raka bersama pasangannya mendapatkan rekomendasi dukungan dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Maju di Pilkada Solo 2020 (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memberikan sinyal soal arah dukungan partai. Dia mengisyaratkan Golkar mendukung sosok calon wakil presiden yang berumur di bawah 40 tahun untuk Prabowo Subianto.

Dukungan Golkar akan diumumkan pada rapat pimpinan nasional (rapimnas) besok, Sabtu 21 Oktober 2023.

Airlangga memang tidak menyebut siapa sosok berumur di bawah 40 tahun tersebut. Tetapi tokoh berumur di bawah 40 tahun, yang tengah mencuat, adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Untuk capres sendiri, Golkar telah memberikan dukungannya untuk Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Jadi Rapimnas besok itu membahas capres cawapres yang didukung Golkar," kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Jumat (20/10/2023).

"Pertama kita bicara mengenai prestasi, jadi kita menghargai under fourty yang berprestasi," sambung Menko Perekonomian RI ini.

Sosok berprestasi itu, dilanjutkan Airlangga, adalah tokoh yang dipilih melalui pemilihan umum.

"Dan kemudian tentunya mereka yang berprestasi itu adalah publicly elected official, jadi rakyat yang menentukan," ujar dia.

Hanya saja Airlangga belum mengungkap apakah sosok under fourty yang dimaksud adalah Gibran Rakabuming Raka. Ia tidak juga menjawab apakah putra sulung Presiden Joko Widodo itu akan menjadi kader partai berlambang beringin.

"Ya kita lihat rapimnas besok," ucap Airlangga.

 

Gibran Gabung Golkar?

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengakui telah bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Pertemuan ini berkaitan dengan peluang Gibran bergabung dengan Partai Golkar. Meski begitu Airlangga masih enggan membocorkan hasil pertemuan tersebut.

"Komunikasi sudah ada, mengenai kegiatan apa lanjutannya ditunggu saja," ujar Airlangga ditemui di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Jumat, (20/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gibran Bantah Masuk Golkar

Sebelumnya, berembus kabar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka segera bergabung ke Partai Golkar demi memuluskan langkah menjadi bakal calon Wakil Presiden Prabowo Subianto. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengaku kaget dengan kabar tersebut.

"Hah siapa yang bilang. Tanya di Jakarta, tanya yang bikin isu," ujar Gibran di Balai Kota Solo, Selasa, (17/10/2023).

Disinggung apakah dirinya menerima tawaran untuk menjadi cawapres dari Golkar, Gibran tak memberikan jawaban lugas.

"Siapa yang bilang," tanya Gibran.

Meski selama ini berkomunikasi dengan Golkar, Gibran mengaku sejauh ini tidak ada tawaran untuk menjadi cawapres.

"Kalau komunikasi ya komunikasi, tapi tidak untuk yang ini tadi. Saya tetap jaga silaturahmi dengan siapapun," ujar Gibran.

Gibran mengiyakan saat ditanyakan apakah tetap di PDI Perjuangan. Namun saat ditanyakan ketidakhadirannya pada peresmian kantor DPC PDIP, Gibran berkilah.

"Ya (tetap di PDI Perjuangan). Kemarin saya rapat di Palang Joglo," kata Gibran.

 

 


Gibran Sebut Tak Pernah Ajukan Diri Jadi Cawapres

Saat pendaftaran capres cawapres pemilu 2024 ke KPU telah tiba, Gibran Rakabuming Raka kembali ditanya peluang mendampingi Prabowo Subianto dalam kontestasi politik tahun depan. Ia tampak lelah meladeni pertanyaan serupa yang terus berulang.

Gibran Rakabuming Raka mengingatkan, pemimpin muda yang berusia di bawah 40 tahun bukan hanya dirinya. Karenanya, pertanyaan seputar siapa cawapres Prabowo dalam pemilu 2024 jangan selalu diarahkan kepadanya.

“Ya, kan enggak harus saya. Bukan hanya saya yang muda. Sudah ya,” kata Gibran Rakabuming Raka terkait siapa cawapres Prabowo, dilansir dari video interviu di kanal YouTube Berita Surakarta, Kamis (19/10/2023).

Bintang film Sesuai Apikasi menilai salah alamat jika pertanyaan cawapres diarahkan kepadanya karena yang berhak memutuskan nama untuk maju ke Pemilu 2024 adalah ketua umum partai politik.

 

Reporter: Ahda B

Sumber: Merdeka

Infografis Heboh Isu Gibran Bakal Loncat Pagar ke Golkar. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Heboh Isu Gibran Bakal Loncat Pagar ke Golkar. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya