Temui Anak Muda Klaten, Ganjar Ditanya Solusi Stunting dan Pernikahan Dini

Dua topik yang diangkat saat diskusi, pertama soal stunting dan kedua terkait pernikahan dini. Mendengar hal itu, Ganjar ditantang bagaimana ketika kelak menjadi presiden bisa menyelesaikan hal tersebut.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 28 Des 2023, 10:41 WIB
Diterbitkan 28 Des 2023, 10:41 WIB
Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo
Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo bertemu dengan sekelompok anak muda di Klaten, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo melanjutkan kunjungannya ke sejumlah titik di Jawa Tengah. Salah satunya, Klaten. Kali ini, Ganjar bertemu dengan sekelompok anak muda untuk mendiskusi hal-hal yang menjadi konsen mereka. 

Dua topik yang diangkat saat diskusi, pertama soal stunting dan kedua terkait pernikahan dini. Mendengar hal itu, Ganjar ditantang bagaimana ketika kelak menjadi presiden bisa menyelesaikan hal tersebut.

“Luar biasa, karena beberapa anak-anak muda yang berstatus mahasiswa, mereka sangat peduli pada stunting dan pernikahan dini. Kenapa pernikahan dini, karena dikaitkan dengan KDRT (kekerasan dalam rumah tangga),” kata Ganjar di Klaten, Jawa Tengah, seperti dikutip Kamis (28/12/2023).

Menurutnya, dua isu ini menjadi problematika yang sering didiskusikan, karena sering muncul kasusnya di masyarakat. Karena itu, Ganjar, memastikan akan merespon keduanya secara serius.

“(Soal KDRT) umpamanya membuat panic button, agar orang bisa melaporkan, memberikan shelter-shelter agar orang nyaman konsultasi jarak jauh,” contoh Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Program Penurunan Angka Stunting

Capres Ganjar Pranowo meninjau keramaian Objek Air Mata Cokro di kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Capres Ganjar Pranowo meninjau keramaian Objek Air Mata Cokro di kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. (Foto: Tim Media Ganjar Pranowo)

Ganjar meyakini, dengan upaya tersebut masyarakat bisa lebih cepat melaporkan, menyampaikan, sebelum nanti ada tindakan-tindakan yang bisa menyelamatkan para korban. 

Terkait stunting, Ganjar melalui program kerjanya menargetkan bisa menekan sampai di bawah sembilan persen. Penanganannya adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi ibu selama masa kehamilan dan bayi hingga usia lima tahun. 

“Selanjutnya mensosialisasikan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif hingga bayi berumur enam bulan dan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) sehat,” Ganjar menandasi.


Silaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X

Ganjar
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (27/12/2023). (Foto: IG Ganjar Pranowo).

Sebelumnya, Calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (27/12). Usai pertemuan secara internal, keduanya menyampaikan isi perbincangan kepada awak media. 

“Tentang bangsa dan negara, saya sekolah di sini, lama di sini, beliau sesepuh ya banyak nasehatlah, situasi dan kondisi hari ini yang perlu kita jaga kondusivitasnya, intinya itu saja,” kata Ganjar di lokasi, seperti dikutip Kamis (28/12/2023).

 Awak media kemudian bertanya, apakah hadirnya Ganjar juga turut meminta restu dari Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk pencalonan dirinya sebagai calon presiden 2024. Dia pun mengiyakan hal tersebut.

“Pokoknya doa restu untuk keselamatan apapun ya pencalonan ya bangsa ini, ya semuanya,” jawab Ganjar.

Selain restu, awak media lalu bertanya apakah Ganjar juga meminta dukungan Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk suara di Pemilu 2024. Sayangnya, hal itu tidak dijawab dengan tegas.

“Ya seluruh masyarakat Jogja kita minta dukungannya,” Ganjar menandasi.


Ganjar Sampaikan Ucapan Terima Kasih

Melalui akun Instagramnya, Ganjar menyampaikan rasa terimakasihnya karena Sri Sultan Hamengkubuwono X karena berkenan menemuinya.

“Hangajeni, hangayomi saha handarbeni. Maturnuwun Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X berkenan menerima dan memberi wejangan kepada saya di Kepatihan Yogyakarta,” tulis Ganjar seperti dikutip Kamis (28/12/2023).

Berdasarkan foto diterima, Ganjar tampak bersalaman erat dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Keduanya juga saling melempar senyum. Selain itu, keduanya pun kompak mengenakan batik yang sama-sama berwarna cerah.

Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya