Tekad Kuat Prabowo Subianto dalam Perkuat Industri Pertahanan dan Keamanan Indonesia

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai calon presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto telah mencatat prestasi signifikan sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dalam memperkuat pertahanan dan keamanan Indonesia.

oleh Tim News diperbarui 04 Jan 2024, 18:17 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2024, 15:00 WIB
Ekspresi Para Capres/Cawapres saat Paparan Visi Misi pada Debat Perdana Pilpres 2024
Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto saat paparan visi dan misi pada debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai calon presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto telah mencatat prestasi signifikan sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dalam memperkuat pertahanan dan keamanan Indonesia.

Menurut Jerry, kinerja Prabowo bukan hanya fokus pada modernisasi alutsista, Prabowo juga dinilainya telah mendorong perkembangan industri pertahanan dalam negeri, khususnya melalui PT Pindad.

Inisiatif itu, kata dia, telah menghasilkan pembuatan kendaraan taktis Maung, yang menjadi simbol kemajuan industri pertahanan Indonesia.

"Bukan hanya berhasil memodernisasi alutsista, Prabowo juga aktif memperkuat industri alutsista tanah air melalui BUMN, PT Pindad," kata Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie dalam keterangannya yang diterima, Kamis (4/1/2024).

Kendaraan taktis Maung diciptakan Prabowo dari PT Pindad saat menjabat Menteri Pertahanan. Ini adalah kendaraan militer terkuat yang pernah diciptakan oleh generasi muda negara kita.

Jerry menyimpulkan, Prabowo Subianto telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang keamanan dan pertahanan negara. Ini hanyalah salah satu prestasi yang diraih Prabowo sebagai Menteri Pertahanan yang bekerja di bidang lain di luar pembaharuan alutsista.

“Prabowo mampu memperkuat Pindad dan mewujudkan produksi kendaraan taktis Maung,” ujar Jerry Massie dari P3S, menyoroti kontribusi Prabowo dalam meningkatkan kapasitas pertahanan negara.

Jerry mengklaim, selama kampanyenya, Prabowo telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi negara. Berdasarkan statistik Global Fire Power pada tahun 2023, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara dan peringkat ke-13 militer terkuat selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

 


Bawa Perubahan Besar dalam Sektor Pertahanan

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto saat menaiki Jet Tempur F-15EX besutan Boeing Company.
Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto saat menaiki Jet Tempur F-15EX besutan Boeing Company. (Foto: Tim Dokumentasi Kemhan)

Selain itu, Prabowo Subianto disebut telah membawa perubahan besar dalam sektor pertahanan Indonesia dengan menghadirkan 24 Jet tempur F-15 EX dan 24 Helikopter tempur Sikorsky S70M Black Hawk.

“Kerja nyata Prabowo ini telah meningkatkan kepuasan masyarakat, yang berimbas pada tingginya elektabilitas Prabowo,” tambah Jerry.

Di sisi lain, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Panel Barus, menyatakan Prabowo siap menghadapi Isu Sektor Pertahanan dan Keamanan dalam Debat Capres Ketiga Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

“Prabowo sangat menguasai sektor pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, juga geopolitik,” kata Panel Barus. Dalam membangun industri pertahanan, Prabowo telah membuktikan diri dengan kemajuan PT Dirgantara Indonesia dalam meningkatkan produksi pesawat CN-235.

 


Politik Bebas Aktif

Panel juga menyebut bahwa Prabowo akan menjadikan politik bebas aktif sebagai fondasi utama kebijakan luar negerinya. “Prabowo-Gibran nantinya tidak akan mengganggu dan ikut campur dalam urusan domestik negara lain. Prabowo-Gibran bakal menjaga posisi Indonesia untuk berada di tengah untuk menjaga stabilitas geopolitik kawasan,” jelas Panel.

Dengan pengalaman dan keahliannya di sektor pertahanan, hubungan internasional, dan geopolitik, Prabowo Subianto telah membuktikan dirinya sebagai sosok pemimpin yang tangguh dan visioner.

Langkahnya dalam memperkuat pertahanan nasional dan kebijakan luar negeri yang berfokus pada stabilitas dan kerja sama internasional menunjukkan komitmennya untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih aman, stabil, dan berpengaruh di kancah global.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya