Ganjar Nyoblos di TPS 11 Lempongsari Semarang Ditemani Sang Istri Atikoh hingga Ketua TPN

Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo melakukan pencoblosan di TPS 11, Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang didampingi sang istri Siti Atikoh, anaknya Alam Ganjar, Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, hingga Mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

oleh Devira PrastiwiDelvira Hutabarat diperbarui 14 Feb 2024, 09:27 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2024, 09:25 WIB
Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo melakukan pencoblosan di TPS 11, Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang didampingi sang istri Siti Atikoh, anaknya Alam Ganjar, Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, hingga Mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.
Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo melakukan pencoblosan di TPS 11, Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang didampingi sang istri Siti Atikoh, anaknya Alam Ganjar, Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, hingga Mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo melakukan pencoblosan di TPS 11, Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang.

Ganjar didampingi sang istri Siti Atikoh, anaknyaa Alam Ganjar, Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, hingga Mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Dari pantaua merdeka.com di lapangan, Ganjar berangkat dari kediamannya di Perumahan Kalasan Residence Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Semarang bersama sang istri dan anaknya.

Sebelum menuju TPS, Ganjar menyempatkan diri untuk berkunjung ke kediamanan Hendrar yang kebetulan berada di dekat TPS nya dia menyoblos. Mereka pun berjalan bersama-sama menuju TPS. Selama diperjalanan Ganjar sempat bercengkram dengan beberapa warga sekitar.

Usai tiba di TPS, Ganjar di data oleh anggota TPS dan menunggu antrian untuk dipanggil ke dalam bilik pencoblosan.

Sekitar pukul 08.30 WIB Ganjar, Siti Atikoh dan Alam pun dipanggil untuk melakukan pencoblosan. Ganjar sempat menunjukan 5 surat suara yang akan dia coblos. Lalu, Ganjar pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Usai mencoblos, Ganjar menunjukkan jari kelingkingnya yang telah bertinta kepada awak media.

Sebelum berangkat nyoblos, Ganjar menyatakan semua persiapan sudah dilakukan pihaknya menghadapi pencoblosan. Oleh karena itu, saat ini adalah ia mengaku pasrah atau berserah kepada Allah SWT.

"Kalau orang tua saya menyampaikan urusan-urusan seperti ini musti semeleh (berserah) dan musti membersihkan hati dan pikiran agar plong melihat semua," kata Ganjar sebelum pencoblosan, di kediamannya di Semarang, Rabu (14/2/2024).

Ganjar mengaku siap menghadapi hari-H pencoblosan. Ditemui di kediamannya di kawasan Kalasan Residence, Semarang, Ganjar mengaku tidak gugup.

"Biasalah, bismillah Insyallah semua lancar," kata Ganjar.

Ganjar juga mengaku tak memiliki persiapan khusus menjelang mencoblos di TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

"Tadi persiapannya mau lari sebenarnya tadi, kok liatnya ujan tadi jadi enggak jadi," tandas Ganjar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mahfud Md Beri Pesan di Hari Pencoblosan Pemilu 2024: Siapapun Yang Menang Itu Keputusan Rakyat

Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD
Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD di kediamannya di Sleman, Yogyakarta. (Foto: Liputan6.com/Nanda Perdana Putra).

Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD mengingatkan, Pemilu 2024 merupakan momen rakyat Indonesia memberikan pengadilan ketata pemerintahan, dalam bentuk pemberian suara dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Dia menekankan, Pemilu bukanlah ajang mencari musuh melainkan pemimpin. Hal ini disampaikannya usai melaksanakan salat subuh jelang pencoblosan Pemilu 2024 di Masjid Darul Ikrom, Sleman, Yogyakarta.

"Jangan sampai begitu selesai pencoblosan lalu diumumkan, lalu kita saling marah. Saya ingatkan bahwa ini mencari pemimpin dan itu kalender konstitusi, tidak boleh dimain-mainkan karena menyangkut rakyat, menyangkut negara yang dibangun dengan susah payah selama 78 tahun lebih," ungkap Mahfud MD, Rabu (14/2/2024).

"Dan sekarang kalender konstusionalnya sudah berjalan dengan baik, jangan dinodai, jangan dilukai hati rakyat. Sehingga siapapun nanti yg menang ya itulah keputusan rakyat," sambungnya.

Mahfud MD menegaskan, jangan sampai terjadi perpecahan usai Pilpres 2024. Kepada pihak yang keberatan dengan hasilnya, dapat menggunakan jalur konstitusional.

"Kalau ada yang tidak puas ya ada jalur-jalur hukum dan sebagainya, tidak boleh ada tindakan kekerasan atas nama siapapun dan atas nama apapun," ungkap dia.

 


Suasana Hati Senang, Optimis Menang

Prof Mahfud MD Cawapres 03
Disela Doa bersama, Mahfud MD memberikan reaksi terkait Film Dokumenter Dirty Vote yang dipermasalahkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi Santri Indonesia (DPP Foksi) ke Mabes Polri.

Mahfud Md mengaku sangat tenang dan optimis menghadapi momen pemungutan suara Pemilu 2024 hari ini, Rabu (14/2/2024).

"Saya yakin. Saya meyakini masa ada survei 50 persen lebih untuk satu (putaran), itu menurut saya itu adalah upaya penggiringan menurut saya. Kita buktikan hari ini bahwa itu tidak terjadi," tutur Mahfud MD usai salat subuh.

"Pokoknya optimistis menang," sambungnya.

Mahfud mengaku tidak ada janjian berpakaian khusus bersama calon presiden (capres) Ganjar Pranowo saat nanti datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Suasana hatinya pun sangat tenang tanpa ada rasa gugup.

"Sangat tenang. Sejak kemarinlah, sejak habis kampanye itu, lalu saya ke Tanah Suci, di Tanah Suci saya mendapat pencerahan rohani, senang, sudah jalani saja karena Tuhan sudah mengatur semuanya, tapi manusianya harus berusaha keras, saya termasuk yang akan berusaha keras. Saudara-saudara juga terima kasih usaha kerasnya sampai datang ke sini," jelas dia.

Tidak ketinggalan sang cucu, Irada Savinova turut mendoakan agar Mahfud memenangkan Pilpres 2024.

"Ya mendoakan saja tuh anak saya, mudah-mudahan menang. Anak kecil (bisa-bisanya) sudah mendoakan menang," katanya sambil tertawa.

Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya