Elektabilitas Kaesang Tinggi di Jateng, Salah Satunya karena Faktor Jokowi

Kaesang diprediksi akan menang jika bertarung di Pilkada Jawa Tengah.

oleh Tim News diperbarui 06 Jul 2024, 10:48 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 09:44 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Maumere, Maluku (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menduduki posisi teratas dari hasil survei LSI jika maju di Pilkada Jawa Tengah. Kaesang mampu mengalahkan nama-nama lain yang digadang-gadang maju di Pilkada Jawa Tengah.

Pengamat Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Aisah Putri Budiatri, pun memprediksi Kaesang akan menang jika bertarung di Pilkada Jawa Tengah.

"Menurut saya lebih rasional bagi Kaesang jika ingin maju melalui Jawa Tengah dibanding Jakarta. Hal ini karena Jateng memberikan ruang gerak politik yang lebih leluasa bagi Kaesang," kata Putri, Sabtu (6/7).

Faktor yang membuat peluang Kaesang menang, karena adanya efek Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan ayahanda dari Kaesang.

"Efek Jokowi di Jawa Tengah punya pengaruh besar yg bisa mendongkrak elektabilitas Kaesang di sana, meski ia cenderung politisi muda yg masih belum punya pengalman politik pemerintahan sebelumnya," jelas dia.

Terlebih, di Pilkada Jawa Tengah hingga saat ini nama yang muncul bukanlah petahana seperti di Pilkada Jakarta muncul nama Anies Baswedan.

Serta membuka peluang besar bagi Kaesang mendapat dukungan dari partai politik lain di Pilkada Jawa Tengah, termasuk dukungan dari PDIP yang merupakan partai penguasa di Jawa Tengah.

"Selain itu, tidak ada calon dengan nuansa petahana seperti Anies di Jakarta atau calon lain yang popularitasnya terlampau tinggi sehingga memberikan kesempatan lebih besar mendapatkan dukungan partai besar, termasuk PDIP yang pada level nasional sedang tidak baik-baik saja dengan Jokowi," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengenalan Mumpuni

Hal senada juga disampaikan Ketua Peniliti Charta Politika Nahrudin. Dia menilai peluang Kaesang besar jika maju di Pilkada karena adanya faktor Presiden Jokowi yang memiliki pengenalan cukup mumpuni.

Namun, Kaesang harus memperhatikan lawan politiknya yang saat ini belum bekerja maksimal untuk Pilkada Jawa Tengah.

"Sering munculnya nama Kaesang di beberapa wilayah dikarenakan faktor utamanya sebagai anak Presiden yang sudah mempunyai pengenalan cukup mumpuni," ujarnya.

"Kemunculan Kaesang di Jateng ini peluang untuk menang ada, akan tetapi yang harus dilihat nama-nama lain yang hari ini elektabilitasnya rendah. Karena belum bekerja secara menyeluruh," imbuh dia.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya