Jokowi dan Grand Syekh Al Azhar Setuju Gencatan Senjata Permanen di Palestina

Retno menyebut Grand Syekh sependapat dengan pandangan Jokowi bahwa perang di Gaza harus segera diakhiri. Grand Syekh menuturkan semua negara harus mendorong perdamaian di Gaza, khususnya negara muslim.

oleh Tim News diperbarui 09 Jul 2024, 16:43 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2024, 16:43 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan Grand Syekh Al-Azhar, Imam Akbar Ahmed Al Tayeb di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/7/2024).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Grand Syekh Al-Azhar, Imam Akbar Ahmed Al Tayeb di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/7/2024).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti soal perang di Gaza, Palestina saat menerima kunjungan Grand Syekh Al-Azhar Mesir, Imam Akbar Ahmed Al Tayeb di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/7/2024). Jokowi menekankan pentingnya gencatan senjata permanen dan kemudahan akses bantuan kemanusiaan di Gaza, Palestina.

"Bapak Presiden bilang saat ini peran dan konflik terjadi dimana-mana dan termasuk di Gaza," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai mendampingi Jokowi dalam pertemuan, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/7/2024).

"Oleh karena itu, Bapak Presiden menekankan pentingnya kita untuk terus menyuarakan gencatan senjata permanen, mempermudah akses bantuan kemanusiaan, dan pentingnya perdamaian segera diwujudkan," sambungnya.

Retno menyebut Grand Syekh sependapat dengan pandangan Jokowi bahwa perang di Gaza harus segera diakhiri. Grand Syekh menuturkan semua negara harus mendorong perdamaian di Gaza, khususnya negara muslim.

"Grand Syekh sangat setuju dengan pandangan Bapak Presiden bahwa perang harus segera diakhiri dan harus diwujudkan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah persatuan, negara negara di dunia semua harus mendooronng perdamaian di Gaza, perdamaian di Gaza untuk Palestina, termasuk juga negara-negara muslim," jelasnya.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan pemerintah Mesir telah banyak memfasilitasi pengiriman bantuan kemanusiaan. Tak hanya itu, Mesir juga menyerukan  perdamaian di Gaza.

"Bapak Presiden menyampaikann ajakan perdamaian dari Grand Syekh akan sangat berarti bagi Palestina," tutur Retno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ajak Keliling Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Grand Syekh Al-Azhar Mesir, Imam Akbar Ahmed Al Tayeb di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/7/2024). (Biro Pers/Setpres)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Grand Syekh Al-Azhar Mesir, Imam Akbar Ahmed Al Tayeb di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/7/2024). (Biro Pers/Setpres)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Grand Syekh Al-Azhar, Imam Akbar Ahmed Al Tayeb di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/7/2024). Ini merupakan kunjungan ketiga Grang Syekh ke Indonesia selama satu dekade terakhir.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tampak mengenakan setelan jas dan peci berwarna hitam. Dia menyambut langsung kedatangan Al Tayeb di serambi Istana Merdeka.

Selanjutnya, Jokowi mengajak Al Tayeb masuk ke dalam Ruang Kredensial untuk mengisi buku tamu. Usai mengisi buku tamu, dia mengajak Al Tayeb memasuki Ruang Jepara untuk sesi tete-a-tete.

Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Jokowi mengucapkan selamat datang di kepada Al Tayeb. Menurut dia, kedatangan Al Tayeb sangat disambut masyarakat muslim Indonesia. "Yang Mulia disambut sangat baik oleh masyarakat muslim di Indonesia. Mereka sangat senang sekali," kata Jokowi menyambut Al Tayeb.


Kunjungan Ketiga Grand Syekh Al Azhar

Sementara itu, Al Tayeb menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat Jokowi.

"Terima kasih Yang Mulia atas sambutan yang hangat pada kami dan delegasi kami. Ini merupakan kunjungan ketiga saya," ucap Al Tayeb.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan kedatangan Grand Syekh Al Azhar Imam Akbar Ahmed Al Tayeb bakal menjadi kunjungan yang penuh makna bagi Indonesia.

"Alhamdulillah sore ini saya menyambut kedatangan Grand Syekh Al Azhar Imam Akbar Ahmed Al Tayeb dalam kunjungan resminya ke Indonesia, selama kurang lebih empat hari. Meski singkat, saya rasa kunjungan ini sangat bermakna bagi kita di Indonesia, terutama umat Muslim Indonesia," ujar Menag Yaqut di Jakarta, Senin.

Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya