Kaesang: Pertemuan PSI dan PKB Buahkan Kesepakatan Pilkada di 3 Wilayah

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengatakan pertemuannya dengan Partai Kebangitan Bangsa (PKB) menghasilkan sejumlah kesepaktan di Pilkada 2024.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 06 Agu 2024, 22:05 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 22:05 WIB
Safari Politik Jelang Pilkada, Giliran PKB Disambangi Kaesang Pangarep
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyambut kedatangan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Selasa (6/8/2024). (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengatakan pertemuannya dengan Partai Kebangitan Bangsa (PKB) menghasilkan sejumlah kesepakatan di Pilkada 2024. Menurut Kaesang, PKB bersedia untuk menjalin kerja sama dengan PSI.

"Seperti yang dikatakan oleh Gus Ketum (Muhaimin Iskandar), kita bisa kerja sama terkhusus di beberapa pilkada seperti ada di Blora, Cilacap, Lamongan," kata Kaesang Pangarep di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024).

Kaesang berharap penjajakan dengan PKB tidak terhenti sebatas di tiga wilayah tersebut. Dia optimistis, PKB akan membuka diri, khususnya di Jakarta dan Jawa Tengah untuk pemilihan gubernur.

"Saya berharap PSI bisa berkolaborasi lagi nanti di Jawa Tengah maupun di DKI Jakarta," ujar Kaesang.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyampaikan, Kaesang masih perlu salat Istikharah terlebih dulu untuk menentukan langkahnya di Pilkada 2024.

"PKB menyangkut DKI ini dalam proses pematangan yang tentu diskusi dengan PSI juga salah satu proses pematangan. Nah, dengan PSI pun juga belum detail karena Mas Kaesang juga katanya menunggu Istikharah," ujar Cak Imin.

Cak Imin memastikan, usai Kesang mendapat jawaban dari salatnya nanti, maka PKB siap mendengarkan. Masalah jodoh dan tidaknya, hal itu jadi urusan belakangan.

"Terus gimana ini DKI atau Jateng? Nanti menunggu Istikharah. Begitu juga PKB, pada dasarnya PKB menginginkan kerja sama di mana pun dengan PSI. Soal nanti jodoh kayak apa, itu ada prosesnya," Cak Imin menutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kaesang Silaturahmi ke Markas PKB Pakai Sarung dan Peci

Safari Politik Jelang Pilkada, Giliran PKB Disambangi Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep datang bersama elite PSI lainnya dalam rangka bersilaturahmi dan menjajaki peluang kerja sama politik jelang Pilkada Serentak 2024. (merdeka.com/Arie Basuki)

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bersilaturahmi ke Markas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024).

Pantauan di lokasi, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep tiba sekira pukul 13.43 WIB dengan didampingi sejumlah kader PSI lainnya.

Putra bungsu Presiden Jokowi itu hadir dengan outfit ala santri, peci dan sarung. Sejumlah anggota PKB yang menyambutnya sampai kaget dan memanggilnya Gus.

"Gus Kaesang ini," seru massa PKB di lokasi.

Kedatangan Kaesang dan PSI langsung disambut oleh Bendahara Umum PKB Bambang Susanto. Dia pun kagum dengan outfit yang dikenakan Kaesang.

"Wah sarungan, kita malah enggak ini," kata dia.

Keduanya pun berbincang santai sebelum masuk ke dalam ruang rapat internal PKB untuk bertemu Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.


Kaesang Safari Politik

Safari Politik Jelang Pilkada, Giliran PKB Disambangi Kaesang Pangarep
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat menyambangi kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) di Jalan Raden Saleh, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024). (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebagai informasi, PKB adalah partai kesekian yang mendapat kunjungan dari PSI. Sebelumnya, PSI sudah bersilaturahmi dengan partai politik lainnya, seperti Golkar, PKS dan NasDem.

Pada kunjungan silaturahmi tersebut diketahui terjadi sejumlah wacana kerja sama di Pilkada 2024. Saat bersama Golkar, Kaesang direkomendasikan maju ke Pilkada Jakarta 2024 sebagai calon gubernur asal mau berpasangan dengan Jusuf Hamka sebagai wakilnya.

Kemudian saat di PKS, PSI bersepakat untuk berkoalisi di Pilgub Banten untuk mendukung pasangan Andra Soni dan Dimyati.

Saat bersilaturahmi dengan NasDem, Kaesang mendapat dukungan penuh dari Surya Paloh bila hendak maju di Pilkada Jawa Tengah.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya