Mengenal Cagub Agustiar, Putera Kebanggan Dayak yang Angkat Martabat Rakyat Kalteng

Tekadnya sangat kuat mengangkat harkat dan martabat rakyat Bumi Tambun Bungai. Tekad tersebut sudah terlihat saat Agustiar memulai pengabdiannya sebagai anggota DPR RI untuk Kalteng pada 2019-2024.

oleh Tim News diperbarui 06 Sep 2024, 04:25 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 00:14 WIB
Agustiar Sabran
Cagub Kalteng Agustiar Sabran. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Agustiar Sabran, nama yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Kalimantan Tengah. Sosoknya sudah sangat dikenal oleh masyarakat Kalteng, terutama di kalangan suku Dayak.

Dari keterangan yang diterima, pria kelahiran Sampit 17 Agustus 1972 tersebut merupakan putera asli Dayak. Agustiar adalah cerminan sosok putera daerah yang telah mewakafkan diri, memberikan pengabdian tulus, ikhlas kepada rakyat.

Tekadnya sangat kuat mengangkat harkat dan martabat rakyat Bumi Tambun Bungai. Tekad tersebut sudah terlihat saat Agustiar memulai pengabdiannya sebagai anggota DPR RI untuk Kalteng pada 2019-2024.

Sebagai wakil rakyat, Agustiar selalu terjun langsung menyerap aspirasi ke akar rumput. Contoh nyata kepedulian Agustiar terhadap rakyat terlihat saat membebaskan 20 warga Desa Bangkal yang ditangkap aparat setelah bentrokan di area PT HMBP, Kabupaten Seruyan.

Bentrok yang terjadi antara aparat dengan masyarakat tersebut merenggut satu korban jiwa dengan luka tembak di dada. Sementara itu, beberapa orang lainnya terluka dan ditangkap aparat.

Agustiar dengan segala kesadaran penuh langsung bergegas mengupayakan pembebasan 20 warga tersebut. Bahkan Agustiar ikhlas menjadi penjamin untuk kebebasan rakyatnya.

Tak hanya itu, perhatian Agustiar juga terlihat saat memberikan bantuan 100 ton beras kepada masyarakat terdampak banjir di Kalteng. Tanpa membedakan suku dan agama, Agustiar tulus memberikan bantuan kepada masyarakat di kawasan Kabupaten Kapuas, DAS Barito dan Kotawaringin Timur.

Untuk memudahkan pekerjaan, Agustiar menjadikan rumah pribadinya sebagai Rumah Aspirasi. Dari rumah tersebut, Agustiar menyerap berbagai harapan seluruh masyarakat Kalteng.

Selain itu, Agustiar juga memiliki perhatian yang besar terhadap pelestarian budaya lokal. Ia menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, sebuah posisi yang mencerminkan ide untuk menjaga dan memperjuangkan kearifan lokal serta nilai-nilai tradisional Dayak.

Sebagai putera asli Dayak, Agustiar terus mengupayakan kesejahteraan rakyat Kalteng. Kecintaan dan ketulusan Agustiar terhadap rakyat sudah mendarah daging, sehingga apapun yang dilakukannya selalu atas nama rakyat dan untuk rakyat.

Kiprah Agustiar juga tidak hanya terekam di sektor sosial. Anggota Komisi III DPR RI tersebut juga sangat fokus terhadap kemajuan olahraga Kalteng.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prestasi Agustiar

Agustiar merupakan Ketua Harian Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi). Kecintaannya terhadap catur berhasil membuat organisasi cabor catur tersebut semakin populer di kalangan generasi muda.

Di sepak bola, saat klub kebanggan masyarakat kalteng hilang pemilik, Agustiar menyelamatkan Kalteng Putera FC. Hingga kini masih berkiprah di Liga professional Indonesia.

Demi mencetak putera-puteri Kalteng yang berprestasi, Agustiar membuat turnament tingkat daerah yakni Agustair Cup untuk Cabor Sepakbola. Ia juga membuat Kejuaraan Karate Piala Agustiar Sabran DPR RI 2022 Open Se-Kalimantan.

Atas kiprahnya tersebut, Agustiar memperoleh penghargaan sebagai "Legislator Pro Kemajuan Olahraga" dari Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Awards 2023. Penghargaan tersebut membuktikan perhatian serius Agustiar di bidang olahraga.

Agustiar terus mengukir sejarah yang bagus untuk rakyat Kalteng. Namanya semakin besar ketika dia mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur (Cagub) di Pilgub Kalteng 2024.

Agustiar menggandeng Edy Pratowo untuk menjadi cawagubnya dan berniat melebarkan sayapnya mengabdi kepada rakyat. Dengan menjadi Gubernur, Agustiar bisa langsung menyentuh masyarakat dan memberikan bantuan tanpa ada

Pengabdian yang tulus membawanya menjadi kandidat terkuat di Pilgub Kalteng. Kiprahnya di masyarakat menjadi modal kuat Agustiar dalam bertarung di Pilgub.

 


Banyak Tuai Dukungan

Agustiar banyak menuai dukungan dari berbagai lapisan masyarakat. Ia dinilai layak dan mampu mengangkat harkat serta martabat rakyat Kalteng.

Hal itu dibuktikan dengan adanya jajak pendapat dari berbagai lembaga survei. Dalam survei Poltracking Indonesia periode 1-7 Agustus 2024, ditemukan elektabilitas Agustiar sebesar Agustiar Sabran-Edy Pratowo sberada di angka 38,9 persen. Sementara itu, pasangan calon (Paslon) Nadalsyah-Supian Hadi mendapat 26.6 persen.

Kemudian, pasangan Abdul Razak-Sri Suwanto 7,2 persen. Sedangkan Paslon yang diusung NasDem, PKB Willy Midel Yoseph-Habib Ismail bin Yahya berada di angka 6,8 persen.

Hal yang sama juga terekam dalam survei Charta Politika periode 25-31 Juli 2024. Elektabilitas Agsutiar berada di angka 35,9 persen.

Kemudian di posisi kedua, ada Nadalsyah dengan 19,3 persen. Sedangkan di posisi ketiga, ada Abdul Razak dengan 14,8 persen dan terakhir Willy Yoseph berada di posisi keempat dengan 5,6 persen.

Eksistensi Agustiar semakin menguat dengan adanya survei tersebut di Pilgub Kalteng. Peluang Agustiar untuk mengabdikan diri kepada masyarakat sangat terbuka lebar.

Dengan latar belakang kepemimpinan yang kuat, Agustiar telah menjadi tokoh berpengaruh besar di Kalimantan Tengah. Namanya sudah sangat besar dan dikenal oleh masyarakat Kalteng secara luas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya