Pramono Anung Pilih Benahi JIS Ketimbang Bangun Venue Baru, Ini Alasannya

Calon gubernur Pramono Anung memastikan akan membenahi Jakarta International Stadium (JIS) bila terpilih di Pilkada Jakarta 2024.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 23 Sep 2024, 16:26 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 16:26 WIB
Bakal cagub dan cawagub Pramono Anung dan Rano Karno
Bakal cagub dan cawagub Pramono Anung dan Rano Karno (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur Jakarta Pramono Anung memastikan akan membenahi Jakarta International Stadium (JIS). Hal itu akan diwujudkan bila diberi mandat pimpin Daerah Khusus Jakarta.

Pramono mengungkap alasan memilih membereskan persoalan di JIS ketimbang membangun venue baru. Menurut dia, membangun stadion bukan perkara mudah.

"Contoh pertanyaan JIS paling seksi, ketika saya ditanya tentang JIS, ada yang mengatakan akan membangun JIS baru, kalau saya nggak mungkin," kata dia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat pada Senin (23/9/2024).

Pramono kemudian menyinggung masalah pembebasan lahan di area sekitar JIS. Dia mengatakan, penyelesaian pembebasan lahan sudah dimulai sejak zaman Soeharto.

"Kebetulan 2001-2022 saya sekretaris Megawati, mengeluarkan keputusan untuk petani di Kampung Bayam itu boleh bertani di sana karena krisis moneter pada saat itu," ujar dia.

Pramono mengatakan, pembebasan lahan berlanjut sampai di era Joko Widodo atau Jokowi. Dan baru zaman Anies Baswedan pembangunan dimulai.

"Sehingga rentang waktu begitu panjang itupun sampai hari ini masih menyelesaikan persoalan Kampung Bayam," ucap dia.

Karena itu, dia menilai lebih baik memperbaiki transportasi menuju ke area JIS.

"Apa yang saya akan selesaikan terhadap JIS? Begitu MRT mentok sampai Ancol, sekarang dibangun sampai Ancol 2026 sudah selesai, jangan ke kiri karena ke kiri permintaan pengembang. Ke kanan masuk ke JIS. Sehingga JIS menjadi transportasi umum darimana pun akan mudah sampai ke JIS," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pembenahan JIS Tiru Luar Negeri

Jakarta International Stadium (JIS) menyambut Piala Dunia U-17 2023
Kondisi terkini sisi barat Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7/2023). (Bola.com/Hery Kurniawan)

Pramono mengatakan, konsep pembenahan transportasi meniru stadion di luar negeri, seperti Old Trafford, Chelsea, dan Wembley Stadion.

"Dan ini belajar dari mana? Belajar dari negara sudah mapan Old Trafford, Chelsea, dan Wembley Stadion selalu di bawahnya ada transportasi umum. Ini kan nggak ada," ucap dia.

"Kemarin nonton Bruno Mars senang begitu pulang jalan kaki, sehingga ada beban yang tidak terselesaikan," Pramono menandaskan.

 


Pramono Anung: Peninggalan Mas Anies di JIS Sudah Baik, Cuma Kurang Infrastruktur

Naik Oplet, Pasangan Pramono Anung dan Rano Karno Bergerak Menuju KPU Jakarta
Pramono Anung dan Rano Karno maju sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur setelah mendapat restu dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. (merdeka.com/Arie Basuki)

Bakal Calon Gubernur Jakarta dari PDI Perjuangan Pramono Anung berjanji akan mempercantik Jakarta International Stadium (JIS) yang menjadi peninggalan Anies Baswedan. Pramono menyebut, di antaranya menyediakan toko yang menjual merchandise klub Persija.

Hal itu diungkap Pramono usai menerima perwakilan warga di Rumah Cemara, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024). Pramono mengatakan, JIS merupakan markas Persija. Namun, dia melihat masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi di sisi sarana dan prasarana.

"Peninggalan Mas Anies di JIS yang sebenarnya sudah baik lah, cuma kurang infrastrukturnya," kata dia di lokasi, Senin (2/9/2024).

"Kalau mau konser macet, pasti terjadi kemacetan yang panjang. Kalau ada sepak bola yang penontonnya lebih dari 40 ribu juga menimbulkan persoalan, maka yang begini harus diselesaikan," sambung dia.

Pramono mengatakan, JIS akan dibuat seperti stadion klub-klub besar di luar negeri. Sehingga, jika penggemar klub Persija atau dikenal The Jakmania datang ke Stadion JIS bisa mampir ke toko-toko merchandise resmi Persija.

Diharapkan, keberadaan toko-toko merchandise busa bisa mendapatkan pemasukan tambahan teruntuk Jakmania atau klub Persija. Tak cuma itu, menurut Pramono hal itu juga akan menjadi destinasi wisata bagi penggemar-penggemar klub Persija di pelbagai daerah di Indonesia.

"Orang dari daerah, dari manapun, dari diri kampung saya, dari Surabaya, Jogja, kalau ke Jakarta tujuan pertama kemana? Ke JIS, beli apa? Beli merchandise, beli kaosnya," ucap dia.

Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya