Anies Sebut Sudah Interaksi dengan Pramono Anung Sejak Kuliah, Bakal Dukung di Pilkada Jakarta 2024?

Dalam perkembangan politik Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan tersirat memberikan dukungan kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno.

oleh Tim News diperbarui 10 Okt 2024, 16:52 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2024, 13:20 WIB
Pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno bertemu mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, saat meramaikan kegiatan hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di Senayan, Jakarta, Minggu (1/9/2024).
Pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno bertemu mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, saat meramaikan kegiatan hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di Senayan, Jakarta, Minggu (1/9/2024). (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam perkembangan politik Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan tersirat memberikan dukungan kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno.

Dukungan tersebut dianggap strategis karena Pramono Anung memiliki pengalaman politik yang kuat dan pengaruh besar di pemerintahan.

Seperti diketahui, banyak pihak memuji kemampuan kepemimpinan Pramono, yang diartikan oleh beberapa pihak sebagai sinyal positif untuk Pilkada Jakarta 2024.

Dalam wawancara podcast dengan YouTuber Merry Riana, Anies Baswedan dalam kesempatan itu menyebut, sosok Ridwan Kamil yang saat ini menjadi Calon Gubernur atau Cagub Jakarta sebagai Bobobotoh Tulen.

"Pak Ridwan Kamil, itu bobotoh tulen, pendukung Persib. Kalau saya The Jak, pendukung Persija," kata Anies ketika ditanya satu kata mengenai sosok Ridwan Kamil, di mata seorang Anies Baswedan, dikutip Kamis (10/10/2024).

Sementara itu, ketika ditanya soal Pramono Anung, Anies menyebut bahwa kehadiran Pramono, sebagai sebuah kejutan, karena tidak mengira akan muncul dalam kontestasi Pilkada Jakarta.

"Pak Pramono Anung, itu kejutan. Siapa yang mengira. Saya kenal beliau, sejak saya aktif zaman kuliah. Saya pun dekat, berinteraksi dengan beliau sejak jaman kuliah," ucap Anies.

Dalam konteks Pilkada Jakarta, sinyal dukungan Anies kepada Pramono Anung bisa menciptakan koalisi kuat yang mencakup berbagai segmen pemilih. Keduanya memiliki basis dukungan yang berbeda, namun saling melengkapi.

 

Sinyal Kedekatan

Sejumlah mantan pendukung Anies Baswedan mendeklarasikan Relawan PA' DOEL (Mas Pramono Anung-Bang "Doel" Rano Karno) untuk Pilgub Jakarta 2024 (Istimewa)
Sejumlah mantan pendukung Anies Baswedan mendeklarasikan Relawan PA' DOEL (Mas Pramono Anung-Bang "Doel" Rano Karno) untuk Pilgub Jakarta 2024 (Istimewa)

Anies dengan jaringan politik progresifnya, sementara Pramono dengan relasinya yang luas di tingkat nasional. Sehingga sosok Pramono akan semakin kuat dimata pemilih Jakarta.

Sinyal kedekatan Pramono dan Anies, juga terbaca ketika Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung mengatakan dibantu mantan timses Anies Baswedan hingga Prabowo Subianto saat debat Cagub-Cawagub kemarin. Pramono mengatakan dia dibantu dalam menyusun materi debat.

"Untuk debat semalam saya dibantu oleh beberapa orang yang dulu juga membantu Mas Anies, saya harus mengatakan itu seperti Mandira (Bienna Elmir), dan yang lain lainnya," ungkap Pramono kepada wartawan seusai kampanye di Duri Kepa, Jakarta Barat, Senin 7 Oktober 2024.

Pramono mengatakan, orang-orang yang dulu menjadi bagian Timses Capres-cawapres memperkaya data yang disajikan ketika debat. Sehingga Cagub nomor urut 3 itu tak kesulitan ketika menyampaikan argumentasi ketika debat.

"Karena memang relatif visi misi program saya kan tidak terlalu berbeda dengan Mas Anies, sehingga ketika menyampaikannya juga menjadi gampang, saya juga nggak perlu membuka sesuatu yang baru," ungkap dia.

 

Eksperimen Dukungan

Paslon Pilkada Jakarta 2024 nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Pasangan Calon Pemilihan Kepala Daerah Jakarta atau Paslon Pilkada Jakarta 2024 nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Sementara itu, dalam sigi terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI), yang melakukan eksperimen efek dukungan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kepada para bakal pasangan calon (paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Jika Anies mendukung Pramono Anung dan Rano Karno, maka berdampak pada terjungkalnya elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono (RIDO).

"Jika Anies mendukung Pramono-Rano maka akan menurunkan elektabilitas RK-Suswono secara signifikan," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan.

Pada eksperimen tanpa dukungan Anies, RIDO sejatinya unggul dengan perolehan 51,7 persen. Pramono-Rano mendapat angka 29 persen dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana memperoleh 3,8 persen.

Sementara, kelompok tak ikut memilih atau golput sejumlah 3,8 persen. Sedangkan, yang tak menjawab yakni 11,8 persen. Kemudian pada eksperimen Anies mendukung Pramono-Rano, paslon ini mendapat angka 31,5 persen. Sedangkan, RIDO 40,5 persen; Dharma-Kun 2,5 persen; golput 9,5 persen; dan tak menjawab 16 persen.

"Terlihat dari 51,7 persen menjadi 40,5 persen. Sehingga, jarak suara antara RK-Suswono dan Pramono-Rano menjadi lebih kecil, dari 22,7 persen jadi 9 persen," ujar Djayadi.

Jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia dilaksanakan pada 6-12 September 2024. Sebanyak 1.200 responden yang memiliki hak pilih di Jakarta terlibat dalam survei ini melalui metode wawancara. Metode yang digunakan yakni simple random sampling. Margin of error survei sebanyak kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya