Banyak Pilihan Hunian Bernuansa Islam di Depok

Persaingan bisnis dalam bidang properti sepertinya sudah terbilang ketat. Sejumlah pengembang coba peruntungan bisnis dengan buat strategi

oleh Kantrimaharani diperbarui 14 Sep 2016, 20:32 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2016, 20:32 WIB
Hunian Islami
Persaingan bisnis dalam bidang properti sepertinya sudah terbilang ketat. Sejumlah pengembang coba peruntungan bisnis dengan buat strategi

Liputan6.com, Jakarta Persaingan bisnis dalam bidang properti sangat ketat. Untuk mampu bersaing, pengembang membuat diferensiasi produk properti. Salah satunya dengan membuat konsep hunian yang Islami.

Depok, sebagai penyangga Kota Jakarta, dinilai paling potensial untuk memasarkan hunian Islami oleh pengembang.

Afwan Riyadi, selaku marketing direktur dari PT. Green Orchid Berkah Madani (Orchid-Realty) menuturkan masyarakat Depok memiliki antusias yang tinggi terhadap konsep hunian Islami.

“Ada beberapa alasan yang jadi latar belakang mengapa masyarakat cukup tertarik dengan konsep ini. Pertama adalah kebutuhan sipiritual di lingkungan rumah untuk tumbuh kembang anak. Kedua, bentuk arsitektur bangunan yang berbeda bila dibandingkan rumah-rumah umum lainnya,” kata Afwan dilansir dari laman Rumah.com, Rabu (14/9/2016).

Ia menambahkan bahwa penjualan rumah berkonsep Islami ini, bukanlah proyek yang pertama kali untuk dibuat.

Proyek pertama yang sudah dibuat PT. Green Orchid Berkah Madani adalah Perumahan Orchid yang ada di kawasan Bedahan-Depok.

“Dibangun dari tahun 2012, hingga 2016 ini hampir seluruh unit rumah sudah habis terjual. Keberhasilan inilah yang mendorong kami untuk membangun proyek perumahan berkonsep Islami lagi, di daerah Cilodong-Depok. Bahkan lebih luas dan banyak,” katanya.

Perumahan Cordova Residence

Perumahan Cordova Residence merupakan proyek perumahan Islami milik PT. Green Orchid Berkah Madani yang memiliki luas area 9 hektar, terdiri dari 498 unit dengan 3 tipe rumah.

Selain Cordova Residence, proyek perumahan dengan konsep Islami lainnya di Depok juga sudah lebih dahulu dibuat oleh pengembang yang berbeda, yakni Perumahan Royal Sakinah dan Perumahan Pondok Nurul Fikri.

Musthafa Hadid Alaydrus, direktur utama PT. Bumi Sakinah Propertindo, selaku pengembang dari Perumahan Royal Sakinah, antusiasme masyarakat terhadap hunian dengan konsep Islami sudah seperti sebuah kebutuhan masa depan.

“Sebagian masyarakat ada yang merasa sangat nyaman bila mereka sudah tinggal di lingkungan dengan nilai-nilai yang homogen. Ini akan memudahkan adaptasi mereka dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” tutur Hadid.

Afwan dan Hadid, sebagai pengembang juga sangat fokus untuk membuat konsep hunian Islami agar dapat menunjang kebutuhan spiritual penghuni. Misalnya, membuat program yang bertajuk keagamaan.

“Di Cordova Residence akan dibuat sebuah ‘Rumah Tahfidz’ untuk penghuni yang ingin mengasah hafalan surat-surat Al-Quran. Selain itu juga akan dibuat masjid yang tidak hanya diperuntukkan sebagai rumah ibadah saja, tetapi juga kegiatan kemasyarakatan,” tambahnya.

Begitu juga dengan Perumahan Royal Sakinah dan Perumahan Nurul Fikri yang membuat lingkungan yang bisa menunjang kegiatan spiritual anak-anak.

Keuntungan lain yang dapat diakses penghuni adalah, lokasi yang dekat dengan fasilitas umum Sekolah Islam Terpadu (SIT) Terbaik di Depok yakni Sekolah Nurul Fikri.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya