Rapid Test Massal Pertama Kali di Ternate, Cegah Penyebaran Kasus Transmisi Lokal

Tujuan dilakukan rapid test massal untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus Covid-19 di Ternate.

oleh Hairil Hiar diperbarui 19 Mei 2020, 08:00 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2020, 08:00 WIB
Rapid Test Massal Pertama Kali di Ternate Cegah Melebarnya Kasus Transmisi Lokal
Tujuan dilakukan rapid test massal untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus Covid-19 di Ternate.

Liputan6.com, Ternate - Jumlah kasus positif Covid-19 di Ternate, Maluku Utara terus meningkat. Update data per 18 Mei 2020 menyebutkan jumlah kasus positif di kota itu mencapai 53 orang.

Data yang dirangkum Liputan6.com dari rilis Gugus Tugas Covid-19 Kota Ternate menunjukkan, kasus positif tertinggi berada di Kecamatan Ternate Selatan dan Kecamatan Ternate Utara.

Tambahan kasus baru tersebut juga terkonfirmasi berdasarkan hasil pemeriksaan melalui Tes Cepat Molekuler atau TCM, di Laboratorium RSUD Chasan Boesoirie, Senin malam, 18 Mei 2020.

Dokter Muhammad Sagaf menyatakan, dari jumlah pasien positif Covid-19 yang bertambah, beberapa di antaranya adalah kasus transmisi lokal yang terjadi di Kelurahan Akehuda.

Ia menyatakan, dengan bertambahnya sebaran kasus di kota pulau kecil bulat kerucut itu, akan dilakukan pemeriksaan massal melalui 1.800 alat rapid test. Seluruh alat rapid test ini akan difokuskan kepada semua warga di Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara.

"Terutama warga di RT 08 dan RT 09, serta petugas portal dan sopir angkutan umum di Bandara Sultan Babullah Ternate, Kelurahan Akehuda, Kota Ternate," ujar Sagaf, di posko gugus tugas Covid-19, Jalan Pahlawan Revolusi, Ternate, Senin sore, 18 Mei 2020.

Rapid test massal ini, kata Sagaf, dilakukan dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran (wabah virus corona) Covid-19 di Kota Ternate. "Ini dilakukan sesuai hasil kesepakatan rapat (gugus tugas Covid-19 Kota Ternate) dengan tokoh warga masyarakat Akehuda," ujar dia.

Pemeriksaan rapid test massal ini, lanjut Sagaf, akan dilakukan di Kantor Dinas Kesehatan Kota Ternate di Kelurahan Akehuda dan Labkesda Kota Ternate di Kelurahan Gamalama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya