Libur Natal dan Tahun Baru, Terminal Guntur Garut Siapkan Rapid Test Antigen Gratis

Pelaksanaan rapid test antigen dimaksudkan untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 secara masif.

oleh Jayadi Supriadin diperbarui 24 Des 2020, 21:00 WIB
Diterbitkan 24 Des 2020, 21:00 WIB
Seorang petugas kesehatan tengah melakukan tes kesehatan, sebagai ihtiar pencegahan pencegan COVID-19, terhadap salah satu penumpang di terminal tipe A Guntur, Garut, Jawa Barat.
Seorang petugas kesehatan tengah melakukan tes kesehatan, sebagai ihtiar pencegahan pencegan COVID-19, terhadap salah satu penumpang di terminal tipe A Guntur, Garut, Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut - Masa pandemi Covid-19 yang belum mereda, membuat satuan pelaksana (Satpel) Terminal Guntur, Garut, Jawa Barat, terus berbenah, terutama saat menghadapi liburan Natal dan tahun baru (nataru) 2020.

Untuk menghindari penyebaran Covid-19 secara masif, mereka bakal melakukan tes usap rapid antigen bagi seluruh penumpang, terutama mereka pengguna jasa dengan rute antar kota.

"Swab ini sasarannya adalah pengguna jasa angkutan (khususnya) tujuan ke Jakarta, swab kami siapkan sebanyak 300,” ujar Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Guntur Melati type A, Sofyan Hidayat, Kamis (24/12/2020).

Untuk tahap pertama, sebanyak 300 alat tes usap yang akan diberikan bagi penumpang hanya untuk satu minggu pelaksanaan rapid test anitigen.

"Kita sudah koordinasi dengan dinas kesehatan, terkait dengan tenaga medisnya," ujarnya.

Selama sepekan pertama tes dilakukan, lembaganya bakal mengevaluasi potensi pengguna alat rapid test antigen tersebut, untuk melihat kebutuhan ke depan.

"Jikalau kita kekurangan, ternyata minat dari penumpang ini ingin diswab tinggi, alat ini akan kita tambah," ujar dia menegaskan.

Selain itu, pelaksaan tes usap yang diwajibkan pemerintah bagi seluruh warga yang akan bepergian ke luar kota tersebut, bakal disesuaikan dengan kebutuhan secara gratis.

"Rencana awal dari per hari itu 30 bisa saja jadi 100, nah itu yang diberikan oleh pimpinan kita," ujarnya.

Bagi penumpang yang akan bepergian, Sofyan mengingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Tes ini tanpa biaya alias gratis karena meminimalisir Covid ini agar jangan sampai menyebar ke daerah lain,” ujarnya mengingatkan.

Selain tes usap gratis, posko Nataru juga memberikan kemudahan pelayanan mulai pelasanaan cek kesehatan, wifi gratis, cemilan, dan lainnya.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya