Perbaikan Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar Ditaksir Membutuhkan Rp90 Miliar

Anggaran sebanyak itu dibutuhkan tidak hanya untuk perbaikan jalan, tetapi juga untuk perbaikan drainase.

oleh Fauzan diperbarui 18 Agu 2021, 22:02 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2021, 21:25 WIB
Perbaikan Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar (Liputan6.com/Fauzan)
Perbaikan Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Makassar - Pemkot Makassar memastikan akan melanjutkan proyek perbaikan Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar. Anggaran perbaikannya pun ditaksir mencapai Rp90 miliar.

"Saat ini kita ditengah melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk memulai lelang proyek. Dalam waktu dekat kita akan dorong ke ULP, upaya pelelangan ini kurang lebih sebulan," kata Plt Kepala Dinas PU Kota Makassar, Hamka, Rabu ( 30 Juni 2021).

Panjang total jalan yang akan dibenahi adalah 4 kilometer (km). Pembenahan tersebut juga akan menyertakan pembangunan drainase untuk memastikan tak lagi ada genangan air usai hujan, sehingga jalan bisa lebih awet.

Selain itu Hamka mengatakan, rencana pembenahan tidak lagi menggunakan jalan aspal seperti sebelumnya, namun akan diganti menggunakan jalanan beton.

Alasannya kata Hamka, daerah Metro Tanjung Bunga cukup mudah tergenang saat hujan, jalan aspal bukan opsi tepat lantaran mudah rusak saat terkena air sehingga dirinya mengambil opsi untuk mengubahnya menjadi jalanan beton.

"Kalau di sana panjang totalnya itu 6 km, kan sudah ada beton setengah, jadi ada 4 km yang akan kita beton, sementara untuk drainase karena uangnya tidak cukup, kita hanya separuh, yang jelas kita fokus ke jalannya dulu," bebernya.

Sementara panjang drainasenya akan melintang mulai dari RS Siloam hingga jembatan I Metro Tanjung Bunga. Dia mengatakan pembenahan keseluruhan akan dilakukan setelah adanya tambahan anggaran pada bulan September nanti.

Simak juga video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya