Lemoncu, Pionir Minuman Lemon Pertama dari Yogyakarta Siap Warnai Dunia Kuliner Nusantara

Lemoncu, kedai minuman berbahan dasar sari lemon pertama dan baru satu-satunya di Yogyakarta,

oleh Switzy Sabandar diperbarui 09 Des 2021, 09:54 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2021, 13:30 WIB
Lemoncu, kedai minuman berbahan dasar sari lemon pertama dan baru satu-satunya di Yogyakarta,
Lemoncu, kedai minuman berbahan dasar sari lemon pertama dan baru satu-satunya di Yogyakarta,

Liputan6.com, Yogyakarta- Di saat minuman berbahan kopi, milk tea, dan boba, marak di Yogyakarta, pengusaha muda yang satu ini justru berpikir lain.  Ia justru mendirikan Lemoncu, kedai minuman berbahan dasar sari lemon pertama dan baru satu-satunya di Yogyakarta, kemungkinan juga di Indonesia.

Agus Purwanto, founder Lemoncu, mendirikan kedai minuman berbahan dasar sari lemon ini juga bukan tanpa alasan. Era pandemi ini membuatnya semakin yakin pentingnya menjaga kesehatan.

Ketika itu ia belum berpikir untuk membuka kedai minum Lemoncu. Agus hanya kerap membawa sari jeruk lemon saat nongkrong dan bertemu teman-temannya.

Sesekali ia mencampur sari lemon itu dengan minuman lain yang dipesannya, seperti teh atau jus buah.

“Ternyata sari lemon ini cocok dicampur dengan bahan lainnya,” ujarnya di sela-sela pembukaan Lemoncu Yogyakarta, Kamis (28/10/2021).

Dari sini, ia mulai berpikir untuk membuat formula minuman berbahan dasar sari lemon. Ia mencampur dengan rosella, mint, jahe, wortel, asam jawa, minuman yang mengandung lactobacillus, dan sebagainya. Ada pula campuran sari lemon dengan kopi dan soda untuk mengakomodasi orang-orang yang menyukai minuman segar.

“Pada saat pembuatan formula awal, teman-teman sendiri yang disuruh mencicipi, kalau sudah cocok kami jadikan salah satu menu, kalau tidak cocok rasanya dicari lagi takaran yang pas,” ucap Agus.

Saat ini ada 16 varian Lemoncu, antara lain honey red lemon, ginger lemon grass, golden lemon, lactobacillus lemon, dan sebagainya. Harganya pun relatif terjangkau, mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 23.000 per cup.

Ada keunikan lain dari berbahan sari lemon ini. Sekalipun dikemas dalam bentuk es, namun Lemoncu bisa dinikmati di segala cuaca, panas maupun hujan. Salah satu penyebabnya, racikan minuman berbahan dasar sari lemon ini dicampur dengan rempah-rempah lainnya yang secara otormatis memberikan kehangatan pada tubuh dan menyesuaikan suhu badan.

Lemoncu berlokasi di Jalan Wahid Hasyim No. 37 A Dabag Condongcatur Yogyakarta dan buka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 10.00-21.00 WIB. Pengunjung dapat menikmati kesegaran minuman Lemoncu secara langsung di outlet atau memesan via aplikasi ojek online.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya