Apakah Cara Keramasmu Sudah Benar?

Keramas adalah salah satu cara merawat rambut paling dasar yang bisa dilakukan semua orang. Tentu saja ini dilakukan untuk membuat rambut bersih, sehat, dan berkilau.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 24 Feb 2023, 17:45 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi membersihkan rambut atau keramas
Ilustrasi membersihkan rambut atau keramas/Shutterstock-LightField Studios.

Liputan6.com, Jakarta - Cuci rambut atau keramas memang jadi rutinitas umum yang bisa dilakukan semua orang. Meski begitu, sudah benarkah cara kamu membersihkan rambut selama ini?

Keramas adalah salah satu cara merawat rambut paling dasar yang bisa dilakukan semua orang. Tentu saja ini dilakukan untuk membuat rambut bersih, sehat, dan berkilau.

Meski jadi salah satu rutinitas, tapi masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat keramas. Salah satunya adalah dengan menggunakan air yang terlalu panas. Atau keramas dengan menggunakan sampo yang tidak cocok untuk rambut.

Langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari mencuci rambut? 

 


7 Langkah Keramas yang Benar

Cara Unik Saat Keramas Tanpa Bikin Makeup Rusak
Ingin keramas tapi takut makeup rusak? Coba cara unik berikut ini. (Foto: iStockphoto)

1. Basahi rambut terlebih dahulu dengan air hangat atau air dingin, tergantung pada preferensi kamu.

2. Tuangkan sampo secukupnya ke telapak tangan. Jangan terlalu banyak karena bisa membuat rambut sulit dibilas dan bisa membuat kulit kepala kering.

3. Usapkan sampo ke kulit kepala dengan lembut, menggunakan ujung jari-jari. Hindari menggosok rambut terlalu kuat atau menggaruk kulit kepala karena bisa menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala.

4. Ratakan sampo ke seluruh bagian rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Pastikan bahwa seluruh rambut terlapisi dengan sampo.

5. Bilas rambut dengan air hangat atau air dingin sampai benar-benar bersih. Pastikan bahwa tidak ada sisa sampo yang tertinggal di rambut.

6. Jika rambut membutuhkan conditioner, gunakan conditioner secukupnya dan oleskan ke ujung rambut. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas rambut dengan air bersih.

7. Setelah selesai keramas, keringkan rambut dengan handuk secara lembut, jangan menggosok rambut terlalu kuat. Hindari penggunaan hair dryer terlalu sering karena dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Itulah cara keramas yang benar. Yang penting untuk diingat adalah hindari penggunaan terlalu banyak sampo dan menggosok rambut terlalu keras saat keramas.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya