Serunya Liburan Lebaran Idul Fitri Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Lebaran menjadi momentum berkumpul dengan keluarga, namun tidak bagi anak-anak yang kedua orang tuanya meninggal ketika masa pandemi Covid-19.

oleh Dewi Divianta diperbarui 27 Apr 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2023, 12:00 WIB
Liburan Seru Anak Yatim Piatu Covid-19 Cek Pospam HIngga Belanja di Mall
Liburan Seru Anak Yatim Piatu Covid-19 Cek Pospam HIngga Belanja di Mall (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Sukoharjo Hari Raya Lebaran adalah momentum berkumpul keluarga, namun berbeda dengan anak yatim piatu yang kehilangan kedua orang tua mereka ketika masa pandemi Covid-19 lalu. Puluhan anak yatim piatu akibat Covid-19 itu diajak berlibur dan berbelanja di pusat perbelanjaan di Solo Baru.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan pihaknya mengajak anak-anak yang tidak lengkap keluarganya tersebut dengan memberikan hiburan mendatangi pospam, dan berbelanja.

Menurut Kapolres Wahyu, tema pospam dengan karakter kartun diharapkan juga bisa memberikan kebahagiaan untuk anak-anak tersebut.

"Ada 20 an anak kita ajak liburan ke pospam lebaran unik dan memberikan baju lebaran, biar mereka gembira. Kehangatan dari kami semoga bisa menggantikan sosok kedua orang tua mereka yang meninggal karena Covi-19 lalu," kata dia kepada media di Sukoharjo, Kamis (26/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kenalkan Sosok Humanis

Liburan Seru Anak Yatim Piatu Covid-19 Cek Pospam HIngga Belanja di Mall
Liburan Seru Anak Yatim Piatu Covid-19 Cek Pospam HIngga Belanja di Mall (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Kapolres berharap dengan mengajak liburan mengecek pos pengaman (pospam) lebaran bisa membuat anak-anak tersebut terhibur, tak hanya itu mereka juga ditemani Kapolres dan jajarannya.

Usai mengajak liburan di area pospam lebaran yang tak jauh dari area pusat perbelanjaan Kabupaten Sukoharjo yakni di Solo baru itu Kapolres langsung berinisiatif mengajak mereka berbelanja baju baru. Puluhan anak-anak yatim piatu itu diberikan kebebasan memilih sendiri baju yang mereka inginkan.

Dirinya menyebut puluhan anak yatim piatu itu berasal dari program 'Aku Sedulurmu' yang digagas oleh Kapolda Jateng beberapa waktu yang lalu. Dimana program tersebut merupakan bentuk perhatian Polri dalam membantu anak-anak yatim korban Covid-19.

"Alhamdulillah, anak-anak terlihat sangat senang. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini mereka dapat terhibur dalam merayakan hari raya Idul Fitri 1444 H," ucapnya.

Sementara itu, anak-anak tersebut tak hanya mendatangi pospam di satu titik melainkan memperkenalkan sosok-sosok humanis Polri yang kebetulan tengah melakukan pengamanan. Khususnya arus lalu lintas yang dilalui oleh para pemudik, di mana hari ini sudah mulai nampak lonjakan arus balik.

"Mereka kita ajak dulu mengunjungi pospam-pospam lebaran untuk mengenalkan tugas-tugas dari Kepolisian. Kebetulan pospam-pospam di wilayah kita, juga didesain dengan karakter gambar kartun yang disenangi anak-anak untuk menampilkan wajah kepolisian yang humanis,"tutur dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya