5 Cara Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023

Hari Lingkungan Hidup Sedunia memiliki makna yang dalam mengenai kesadaran individu untuk mengambil tindakan demi kehidupan bumi.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 05 Jun 2023, 11:33 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2023, 11:30 WIB
Hari Lingkungan Hidup Sedunia Menjadi Peringatan, Indonesia Termasuk Paling Rentan Terdampak Perubahan Iklim
Hari Lingkungan Hidup Sedunia Menjadi Peringatan, Indonesia Termasuk Paling Rentan Terdampak Perubahan Iklim.  foto: UNDP Indonesia  

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Senin (5/6/2023) bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Peringatan ini jatuh setiap 5 Juni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 mengangkat tema, "Solutions to Plastic Pollution" atau Solusi untuk Polusi Plastik. Tujuannya adalah untuk mengingatkan dunia untuk menggunakan produk alternatif untuk plastik yang dapat membantu mengurangi polusi.

Kesadaran tentang bahaya yang ditimbulkan oleh plastik semakin meningkat, sehingga penggunaannya harus dikurangi.

World Environment Day sendiri sudah diperingati sejak 1973, sehingga pada tahun ini sudah memasuki tahun yang ke-50. Setiap tahunnya ada isu khusus yang diangkat untuk memperingati World Environment Day, tahun ini Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengangkat isu sampah plastik.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia memiliki makna yang dalam mengenai kesadaran individu untuk mengambil tindakan demi kehidupan bumi. Kegiatannya meliputi demonstrasi jalanan dan parade, konser, penanaman pohon, hingga kampanye pembersihan.

Untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, berikut adalah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

1. Membersihkan lingkungan

Kegiatan ini bisa dilakukan di sekitar rumah, lingkungan sekitar rumah, atau bahkan mengikuti aksi bersih-bersih yang dilakukan komunitas pecinta lingkungan. Membersihkan lingkungan dapat membantu menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran.

2. Menanam pohon

Menanam pohon adalah aksi sederhana yang bisa memberikan dampak berarti bagi lingkungan. Umumnya aksi ini banyak dilakukan secara massal oleh pihak-pihak tertentu dalam sebuah kampanye lingkungan.

Keberadaan pohon dalam lingkungan hidup sangat penting, agar pengolahan karbondioksida bisa semakin optimal. Dengan banyaknya pohon yang ditanam di tempat tinggal, maka kualitas udara akan meningkat.

3. Mengurangi penggunaan plastik

Kita dapat mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dilakukan dengan membawa tas belanja sendiri, membawa botol minum sendiri, dan menghindari penggunaan sedotan plastik.

4. Hemat air

Anda bisa melakukan kegiatan yang menghemat air seperti mematikan keran saat tidak digunakan, memperbaiki keran yang bocor, dan menggunakan shower yang hemat air.

5. Pilih produk dan produsen ramah lingkungan

Pemilihan produk dan produsen ramah lingkungan agaknya menjadi hal wajar di era kekinian. Kepedulian atas isu lingkungan membuat banyak produsen memodifikasi sistem produksinya, sehingga bisa menjalani proses yang lebih ramah lingkungan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya