Jangan Terbalik, Ini Urutan Film Conjuring Cinematic Universe Sebelum The Nun 2

Berikut urutan nonton Conjuring Cinematic Universe sebelum memutuskan nonton The Nun 2.

oleh Tifani diperbarui 07 Sep 2023, 16:15 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2023, 16:08 WIB
The Nun II
Poster The Nun II. (Source: Warner Bros)

Liputan6.com, Yogyakarta - Film The Nun 2 mulai tayang di Bioskop Indonesia sejak 6 September 2023. Film bergenre horor ini merupakan sekuel dari film The Nun yang tayang pada 2018.

Sayangnya, belum banyak yang tahu jika The Nun 2 merupakan salah satu film yang tergabung dalam Conjuring Cinematic Universe (CCU). Selain The Nun 2, terdapat juga beberapa film lainnya seperti Conjuring dan Annabelle yang tergabung dalam CCU.

Sejak pertama kali film pertamanya dirilis di 2013, Conjuring Cinematic Universe telah menelurkan 9 judul film berbeda. Jika ingin menyimak film Conjuring Cinematic Universe berdasarkan kronologi alur ceritanya, berikut urutan nonton Conjuring Cinematic Universe sebelum memutuskan nonton The Nun 2.

1. The Nun (2018)

Film ini berkisah tentang seorang biarawati muda yang bunuh diri di sebuah biara terpencil di Rumania. Vatikan mengirim seorang pendeta dengan masa lalu yang kelam dan seorang novisiat di ambang sumpah terakhirnya untuk menyelidiki kematiannya.

Bersama-sama, mereka mengungkap rahasia ordo yang tidak suci itu. Mempertaruhkan tidak hanya hidup mereka tetapi juga iman dan jiwa mereka, mereka menghadapi kekuatan jahat dalam bentuk biarawati setan.

2. Annabelle: Creation (2017)

Film ini berkisah tentang seorang pembuat boneka dan istrinya yang membuka rumah mereka untuk menampung seorang biarawati dan enam gadis yatim piatu. Ia kemudian memberikan sebuah boneka proselen kepada salah satu gadis tersbut.

Namun, mereka segera menyadari bahwa Annabelle, telah dirasuki oleh roh jahat.

3. The Nun 2 (2023)

Film ini berkisah tentang Suster Irene (Taissa Farmiga), seorang biarawati Katolik yang menjalani kehidupannya di sebuah biara menyenangkan di Prancis. Suatu hari, Irene menerima mimpi yang menampilkan sosok Valak, iblis yang ia hadapi empat tahun silam.

Irene pun terbangun dengan perasaan ketakutan dan khawatir. Kekhawatiran Irene terbukti beralasan.

Segera setelah itu, seorang pria tiba-tiba jatuh di tengah kebun sekolah dan meninggal. Pria tersebut adalah Maurice, seorang teman Irene yang baru saja berkunjung ke biaranya.

Irene segera menghubungi Vatikan dan meminta bantuan untuk menyelidiki kematian Maurice. Vatikan kemudian mengirim seorang uskup dan dua orang biarawati untuk membantu Irene.

Namun, penyelidikan mereka tidak berjalan mulus. Satu per satu, mereka mulai mengalami hal-hal yang aneh dan menakutkan.

Akhirnya, Irene menyadari bahwa Valak telah kembali dan sedang mengincar jiwa Maurice. Irene pun harus menghadapi Valak sekali lagi untuk menyelamatkan nyawa Maurice dan orang-orang yang dicintainya.

4. Annabelle (2014)

Film ini berkisah tentang sepasang suami istri, John dan Mia Form, yang baru saja dikaruniai anak pertama. Mereka membeli sebuah boneka porselen cantik di sebuah pasar loak dan memberikannya nama Annabelle.

Namun, mereka segera menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan boneka itu. Satu per satu, mereka mulai mengalami hal-hal yang aneh dan menakutkan.

Mia melihat penampakan, mendengar suara-suara, dan mengalami hal-hal yang tidak bisa mereka jelaskan. John pun mulai curiga bahwa boneka Annabelle adalah sumber dari semua kejadian aneh itu.

John dan Mia akhirnya memutuskan untuk meminta bantuan dari Ed dan Lorraine Warren, sepasang paranormal investigator. Ed dan Lorraine Warren segera menyadari bahwa Annabelle telah dirasuki oleh roh jahat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


The Conjuring (2013)

5. The Conjuring (2013)

Film ini berkisah tentang Ed dan Lorraine Warren, sepasang paranormal investigator yang membantu keluarga Perron yang diteror oleh roh jahat di rumah mereka di Harrisville, Rhode Island. Keluarga Perron terdiri dari Carolyn dan Roger Perron, serta lima putri mereka.

Mereka baru saja pindah ke rumah itu dan mulai mengalami hal-hal yang aneh dan menakutkan. Pintu dan jendela terbuka dan tertutup sendiri, mereka mendengar suara-suara, dan melihat penampakan.

Carolyn semakin ketakutan dan akhirnya menghubungi Ed dan Lorraine Warren. Ed dan Lorraine Warren segera menyadari bahwa rumah itu dihantui oleh roh jahat.

6. Annabelle Comes Home (2019)

Film ini berkisah tentang Judy Warren, putri dari Ed dan Lorraine Warren, yang tinggal bersama pengasuhannya, Mary Ellen, dan temannya, Daniela. Judy sangat menyukai boneka Annabelle, yang disimpan di ruang artefak terkutuk milik orang tuanya.

Suatu hari, Daniela yang penasaran dengan boneka Annabelle membuka lemari tempat boneka itu disimpan. Hal ini memicu Annabelle untuk melepaskan semua roh jahat yang ada di ruang artefak tersebut.

Judy, Mary Ellen, dan Daniela pun harus berjuang untuk bertahan hidup dari teror para roh jahat itu.

7. The Curse of La Llorona (2019)

Film ini merupakan spin-off dari film The Conjuring (2013) dan berdasarkan pada cerita rakyat Meksiko tentang La Llorona. Film ini berkisah tentang Anna Tate-Garcia, seorang pekerja sosial yang sedang menyelidiki kasus seorang ibu yang dicurigai membahayakan anak-anaknya.

Anna pun bertemu dengan Patricia Alvarez, ibu yang dicurigai tersebut. Patricia memperingatkan Anna untuk tidak mendekatinya, karena dia sedang dihantui oleh La Llorona.

La Llorona adalah hantu seorang wanita yang telah tenggelamkan anak-anaknya sendiri. Dia sekarang berkeliaran di malam hari mencari anak-anak lain untuk dijadikan korban.

Anna pun mulai mengalami hal-hal yang aneh dan menakutkan. Dia melihat penampakan La Llorona dan mendengar suara-suaranya.

Anna pun menyadari bahwa Patricia benar. Dia harus menemukan cara untuk mengusir La Llorona sebelum dia mengambil anak-anaknya.

8. The Conjuring 2 (2016)

Film ini merupakan sekuel dari film The Conjuring (2013)/ Film ini terinspirasi oleh kasus Enfield Poltergeist yang terjadi di London pada tahun 1977.

Film ini berkisah tentang Ed dan Lorraine Warren, sepasang paranormal investigator yang dimintai bantuan oleh Peggy Hodgson, seorang single mother yang tinggal di Enfield, London. Peggy dan keempat anaknya mengaku diteror oleh roh jahat.

Ed dan Lorraine Warren segera menyadari bahwa kasus ini sangatlah rumit. Roh jahat yang menghantui keluarga Hodgson adalah entitas yang sangat kuat.

Ed dan Lorraine Warren pun harus berjuang keras untuk mengusir roh itu.

9. The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021)

Film ini merupakan sekuel dari film The Conjuring (2013) dan The Conjuring 2 (2016). Film ini juga terinspirasi oleh kasus Arne Cheyenne Johnson, yang mengaku melakukan pembunuhan dalam keadaan kerasukan.

Film ini berkisah tentang Ed dan Lorraine Warren, sepasang paranormal investigator yang dimintai bantuan oleh Arne Johnson. Ia adalah seorang pemuda yang dituduh membunuh majikannya.

Arne mengaku bahwa dia tidak bersalah dan bahwa dia telah kerasukan oleh roh jahat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya